Banyuwangi Tambah Pos Sektor Kebakaran Wilayah Selatan

by -2759 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Guna mempercepat jangkauan penanganan bila terjadi kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Banyuwangi menambah satu pos sektor baru di Kecamatan Bangorejo. Dengan tambahan tersebut, kini Banyuwangi memiliki satu markas utama dan tiga pos sektor.

Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan Banyuwangi Yoppy Bayu Irawan menjelaskan, pos sektor Bangorejo telah beroperasi mulai 2 Mei lalu. Sektor ini dilengkapi satu unit mobil water supply pemadam dan satu mobil rescue.

iklan aston

“Untuk personel, ada lima orang yang bertugas di sektor tersebut,” ujar Yoppy pada Selasa (7/5/2024).

Wilayah pos sektor Bangorejo tak hanya melayani satu kecamatan. Sektor itu juga akan menjangkau laporan di wilayah kecamatan sekitarnya yang mayoritas berada di Banyuwangi selatan, yang sebelumnya ditangani oleh sektor Genteng.

Kepala Bidang Pencegahan Agus Supriyanto menambahkan, dengan adanya sektor damkar Bangorejo, laporan masyarakat bisa lebih cepat direspons, baik kejadian kebakaran maupun penyelamatan. Hal ini mengingat sebelumnya, jarak tempuh tim damkar ke lokasi di wilayah tersebut cukup jauh, antara 1 hingga 1,5 jam perjalanan.

“Kecepatan respons diharapkan bakal meminimalisir risiko dampak kerugian maupun korban jiwa dari setiap kejadian kebakaran,” imbuhnya.

Masyarakat dapat melapor melalui panggilan 112, aplikasi Smart Kampung, atau call center 082211312113. Damkar juga rutin melatih warga melalui program Masyarakat Tanggap Bahaya Kebakaran (Mastang Bakar) untuk meningkatkan kesiapan penanganan awal./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.