Ritual Adat Seblang Olehsari Banyuwangi 2024 Sudah Dimulai Catat Tanggalnya

by -3268 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Liburan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Banyuwangi tentu banyak disuguhkan kegiatan ritual adat dan tradisi. Salah satunya adalah Ritual Adat Seblang Olehsari di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) tahun 2024.

Gelaran Ritual adat yang sakral dan penuh nuansa mistis ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat desa setempat. Sang penari Seblang Olehsari merupakan keturunan atau anak cucunya yang terpilih dari para pendahulu untuk melakukan ritual bersih desa yang merupakan ungkapan rasa syukur warga sekaligus diyakini sebagai tolak bala.

iklan aston

Ritual Seblang Olehsari di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi dijadwalkan digelar selama tujuh hari mulai Senin, (15/04/2024) kemarin.

Selain menjadi ritual adat yang bisa terlaksana karena gotong royong dan kekompakan masyarakat desa serta dukungan dari para pemangku kepentingan di Banyuwangi, pelaksanaan Ritual Seblang Olehsari mampu memikat warga Banyuwangi maupun para pengunjung luar daerah yang kebetulan berlibur di kota ujung timur Pulau Jawa ini.

Tradisi Seblang Olehsari merupakan ritual kuno yang rutin dilaksanakan masyarakat Desa Olehsari sejak jaman leluhur mereka. Ritual ini dilaksanakan pada awal bulan Syawal setiap tahunnya.

Penari Seblang di Desa Olehsari merupakan remaja putri dipilih secara supranatural dari keturunan para penari sebelumnya. Ritual Tari Seblang melalui proses trance di mana tubuh penari dirasuki energi spiritual leluhurnya.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi Taufik Rohman pihaknya mengaku bersyukur karena dalam pelaksanaan Ritual Adat Seblang Olehsari tahun ini diberikan kelancaran dan kemudahan tanpa halangan apapun.

“Saya sangat bersyukur Ritual Adat Seblang Olehsari diberikan kelancaran dari tahun ke tahun. Prosesi ritual adat yang begitu sakral ini dapat disaksikan masyarakat secara luas baik warga lokal maupun luar daerah,” ujar Taufik.

Sementara Sang Penari Seblang Olehsari tahun ini, Dwi Putri Ramadani (20 tahun) asal desa Glagah yang juga merupakan penari ritual ada pada tahun sebelumnya mampu membawakan tarian adat dengan lincah dan khidmat.

“Saya ikhlas ditunjuk menjadi penari Seblang, karena ini merupakan petunjuk dari leluhur saya.” ungkap Putri.

Dalam kondisi raga Putri yang keadaan tidak sadar atau trance dia menari dengan lincah mengikuti irama gamelan tradisional yang menjadi pengiring tarian khas Seblang Olehsari.

Bagi warga Banyuwangi maupun para pengunjung (wisatawan) yang ingin menikmati sajian tarian magis masyarakat Osing khususnya yang ada di Desa Olehsari bisa datang dan menyaksikan Ritual Adat Seblang Olehsari pada 15 – 21 April 2023 mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.