Polresta Malang Kota Siapkan Rekayasa Lalu Lintas pada Operasi Ketupat Semeru 2024

by -1427 Views
iklan aston

Kota Malang , seblang.com – Polresta Malang Kota Polda Jatim telah memetakan jalur rawan padat lalu lintas (Lalin) dalam menghadapi arus mudik lebaran dan libur Idul Fitri 1445 H pada Operasi Ketupat Semeru 2024.

Kompol Aristianto Budi Sutrisno, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan pola rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kepadatan arus mudik.

iklan aston

“Kami sudah siap menyambut pemudik, baik yang menuju Kota Batu, Kota Malang, ataupun destinasi luar Kota Malang,” ujar Kompol Aristianto pada Senin (8/4).

Menurutnya, Kota Malang dikenal sebagai jalur alternatif pemudik yang menuju Lumajang, Blitar, Kediri, Jombang, Surabaya, dan sebaliknya.

Oleh karena itu, Satlantas Polresta Malang Kota telah menyiapkan pola pengaturan lalu lintas di titik-titik yang menjadi fokus utama selama arus mudik.

“Salah satunya, kami perhatikan Simpang Empat Karanglo yang menjadi titik pertemuan lalu lintas menuju wilayah Kota Malang dan luar Kota Malang,” ungkapnya.

Pihak Satlantas Polresta Malang juga telah berkoordinasi dengan Forum Lalu Lintas dalam persiapan menghadapi arus mudik lebaran beberapa hari lalu di Balaik Kota Malang.

Untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, pihaknya telah menyiapkan alternatif rekayasa lalu lintas.

“Kendaraan yang keluar dari pintu tol Singosari, Kabupaten Malang, dan menuju Kota Batu akan diarahkan ke Selatan untuk memasuki Kota Malang,” jelas Kompol Aris.

Jika masih terjadi kepadatan, pihak berwenang akan mengarahkan kendaraan keluar dari pintu Tol Singosari menuju pintu tol Pakis, Kabupaten Malang.

“Kendaraan yang menuju Lumajang akan diarahkan ke pintu Tol Madyopuro, melewati wilayah Kedung Kandang atau bisa lewat Wajak, Turen,” tambahnya.

Jelang Operasi Ketupat Semeru, Polresta Malang Kota menyiapkan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan di wilayah Kota Malang.

“Petugas Gabungan akan siaga di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan untuk membantu dan melayani pemudik selama perjalanan,” tegas Aris.

Pos pengamanan akan ditempatkan di Simpang Malang Creative Center (MCC) atau simpang tiga Blimbing, serta sekitar pintu Tol Madyopuro.

“Pos pelayanan akan tersedia di depan Stasiun Kota Malang dan di Simpang tiga Jembatan Soekarno Hatta,” jelas Kompol Aris.

Masyarakat diharapkan memanfaatkan pos-pos tersebut untuk istirahat.

Kompol Aristianto mengimbau pengendara untuk menjaga stamina, memeriksa kondisi kendaraan dan kelengkapan surat, serta patuh terhadap aturan lalu lintas dan arahan petugas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.