TNI AL Operasikan KAL Sembulungan Dalam Patroli Perdana Pengamanan Arus Mudik di Selat Bali

by -213 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.comTNI AL mengoperasikan Kapal Angkatan Laut (KAL) Sembulungan dalam patroli pengamanan arus mudik lebaran 2024 di Selat Bali, pada Jumat (5/4/2024).

Pengoperasian KAL Sembulungan untuk patroli di selat Bali merupakan yang perdana sejak kapal berteknologi canggih tersebut tiba di Banyuwangi pada Selasa (2/4/2024) lalu.

iklan aston

Selain KAL Sembulungan, dalam patroli yang dilakukan Lanal juga mengerahkan 2 (Dua) Kapal Inflatable Boat (RIB). Kapal-kapal itu juga dilengkapi alat penyelamatan atau SAR.

“Hasil patroli hari ini semuanya aman dan berjalan lancar,” ujar Perwira Operasi (Pasops) Lanal Banyuwangi, Kapten Laut (P) Murdiyanto kepada sejumlah wartawan usai memimpin patroli.

Kapten Laut (P) Murdiyanto menuturkan patroli ini akan rutin dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik yang saat ini terus berlangsung.

Rute patroli yang dilakukan antara lain adalah penyeberangan lintas Ketapang – Gilimanuk. Selain itu dermaga Jangkar, kabupaten Situbondo yang menjadi jalur mudik warga dari Jawa ke wilayah kepulauan Madura.

Selain KAL Sembulungan, Lanal juga menyiagakan KAL Rajegwesi dan sejumlah armada penunjang lainnya. Seluruh armada akan disiagakan mulai 4-16 April 2024.

Sementara Komandan Lanal Banyuwangi , Letkol Laut (P) Hafidz mengungkapkan patroli ini mewaspadai beberapa potensi ancaman yang dapat menggangu keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran.

“Sesuai arahan pimpinan beberapa potensi itu, seperti bencana alam, kecelakaan laut, peredaran narkoba bahkan terorisme,” kata Hafidz.

Selain sejumlah kapal, Lanal Banyuwangi juga menyiagakan 4 regu untuk mengamankan arus mudik. Mereka akan stand by bersama personel kepolisian dan personil AD di posko mudik lebaran yang tersebar di sepanjang jalur mudik di Banyuwangi.

“Harapannya, dengan patroli yang ditingkatkan bisa memberikan rasa aman kepada para pemudik,” terang Hafidz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.