Tanggapan Ketua Apersi Jember Terkait Pemasaran Perumahan Pasca Pandemi Covid-19

by -1224 Views
Wartawan: Fitri
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jember, seblang.com  – Pasca Pandemi Covid-19, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Jember, mulai bangkit kembali.

Pasalnya, menurut Ketua Apersi Jember Asyik Pamiluhadi menyampaikan.  pemasaran perumahan sampai dengan tahun kemarin masih terbilang cukup baik.

iklan aston

“Akan tetapi diakhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 ada sedikit lesu. Namun demikian tentunya kami tetap optimis, karena permintaan dan ketersediaan rumah masih aman untuk kita cukupi kebutuhan masyarakat yang akan membeli,” ungkap Asyik Pamiluhadi saat dikonfirmasi di sela kegiatan santunan anak yatim dan dhuafa, Kamis (4/4/2024).

Kemudian untuk masyarakat yang hendak akan membeli rumah, kata Asyik Pamiluhadi, soal bunga tetap sama tidak ada kenaikan harga.

“Untuk bunganya hampir sama, bahkan di 3 tahun yang lalu tidak ada kenaikan harga jika masyarakat yang hendak membeli rumah. Nah pada tahun 2024 ini ada kenaikan, tapi teman-teman pengembang banyak memberikan diskon-diskon,” katanya.

“Jadi tetap memberikan kemudahan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah terutama. Serta sasarannya yang dituju masyarakat yang belum memiliki rumah,” ujarnya.

Kemudian dibawah kepemimpinan Developer, yang tergabung dalam Apersi itu, katanya, telah menyediakan rumah berbagai tipe untuk masyarakat.

“Kita tentu menyediakan hunian yang layak dengan harga cukup terjangkau bagi masyarakat. Apalagi lebih banyak di pasarkan rumah bersubsidi. Tapi, pengembang mayoritas banyak menyediakan rumah-rumah subsidi,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, banyak faktor yang mempengaruhi bisnis perumahan di Jember lesu. Diantaranya penghasilan masyarakat dan maraknya pinjaman online.

“Masyarakat yang masih memiliki tanggungan dengan penyedia pinjaman online, secara otomatis tidak bisa mengajukan kredit rumah,” jelasnya.

“Pinjol juga mempengaruhi pasang surut bisnis perumahan. User yang terjerat pinjol akan bermasalah saat tahapan BI Checking,” sambungnya.

Perlu diketahui, saat ini Perumahan Gebang Wisma Kasuari (GWK) berkolaborasi dengan APERSI Jember, menggelar kegiatan baksos di bulan ramadan 2024. Dengan memberikan santunan 150 paket sembako, kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Kegiatan tersebut, berlokasi di Perumahan GKW yang berada di Jalan Kasuari, Kedawung lor, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang.

“Untuk kegiatan seperti sudah menjadi agenda tahunan kami setiap bulan ramadan. Selain itu, kami juga memberikan santuan kepada warga sekitar yang ada disamping kanan kiri perumahan,” ucap Owner Perumahan GWK Henry Suharyati saat dikonfirmasi terpisah.

“Kalau ini memang murni untuk kegiatan agama. Tapi selain itu juga memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ini ada perumahan di sekitar lingkungan Gebang (Kelurahan), tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.