Polres Jember Fokuskan Pengamanan di Beberapa Titik dan Libatkan Ratusan Personel Gabungan

by -204 Views
Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi
Girl in a jacket

Jember, seblang.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polres Jember bersama jajaran Forkopimda setempat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024.

Apel tersebut, digelar di halaman Satpas Satlantas Polres Jember, Rabu (3/4/2024).

iklan aston

Operasi Ketupat Semeru akan digelar selama selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 sampai dengan 17 April 2024 mendatang.

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi menuturkan, pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru tersebut dilakukan untuk menjamin rasa aman terhadap masyarakat, dalam menjalankan ibadah puasa dan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Ada kurang lebih 600 personel yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan lebaran tahun ini. Terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, senkom, dan lain-lain,” ucap Bayu saat dikofirmasi sejumlah wartawan usai Apel Operasi Ketupat Semeru 2024.

Tentunya kegiatan tersebut, sebagai pengecekan kesiapan akhir dari personel yang akan melaksanakan pengamanan.

“Terhitung mulai tanggal 4 April besok pukul 00.00 WIB, sudah menempati pos pengamanan, pos pelayan dan pos terpadu yang ada di wilayah kabupaten jember,” jelasnya.

“Setidaknya, ada satu pos pelayanan yang berada di stasiun kereta api. Satu pos terpadu di alun-alun jember, dan lima pos pengaman yang tersebar. Mulai dari pos Terminal Tawangalun, Pondok Dalem, Watu Ulo, Pantai Puger, dan sekitar Jalur Gumitir,” ungkapnya.

“Ini semua kami dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, yang akan melaksanakan mudik. Dan juga berlibur di musim lebaran tahun ini,” sambungnya.

Selain itu, Polres Jember sudah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral dengan berbagai stakeholder terkait.

“Ada beberapa titik yang kami petakan, mulai dari rawan terjadinya macet, kecelakaan, dan bencana. Tentunya titik-titik tersebut sudah menjadi fokus perhatian kami,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Bayu, pihaknya juga sudah membagi tugas dan berkoordinasi melalui grup WhatsApp. “Sehingga ketika ada kejadian-kejadian baik yang sifatnya gangguan lalu lintas, maupun bencana alam bisa kita respons dengan segera,” kata Bayu.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran. Untuk tetap berhati-hati selama berkendara diperjalanan.

“Jika meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, agar memperhatikan keamanan, mulai dari listrik, air, bahaya kebakaran. Jangan lupa berkoordinasj kepada keamanan setempat, menyampaikan bahwa rumah akan ditinggalkan dalam wktu tertentu. Sehingga bisa ada penjagaan dari lingkungan setempat,” ujarnya.

Lebih jauh Bayu menyampaikan, Polres Jember juga membuka pelayanan penitipan kendaraan secara gratis.

“Kami kepolisian juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan menitipkan barang berharganya. Berupa kendaraan bermotor seperti mobil, dan sepeda motor di Polsek maupun di Polres. Kami sudah menyiapkan tempatnya, dan juga personel untuk melakukan pengamanan tersebut,” tutupnya.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.