Ketua RT di Sumberpinang Situbondo Dipecat Diduga Gegara Istri Kades saat Nyaleg Suaranya Kurang

by -663 Views
Astun Ketua RT 03 RW 03 Dusun Meraan Timur Desa Sumberpinang Saat Memperlihatkan Surat Dari Desa Tentang Dirinya
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Sejumlah ketua RT di Desa Sumberpinang, Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo Jawa timur, mendapatkan surat pernyataan pengunduran diri dari kepala desa, karena diduga tidak bisa memenangkan salah satu calon legislatif yang kebetulan istri dari kepala Desa Sumberpinang sendiri.

Astun, Ketua RT 03, RW 03, Dusun Meraan Timur Desa Sumberpinang menjelaskan bahwa awal mulanya sejumlah RT dikumpulkan untuk bertanggungjawab memenangkan Nur Fatila yang merupakan istri Kepala Desa Sumberpinang yang mencalonkan diri menjadi legislatif DPRD Situbondo dari salah satu partai.

iklan aston

“Dua hari sebelum pemilihan semua RT dikumpulkan di rumah pak Kades, dalam rangka meminta tolong untuk membantu pemenangan istrinya yang mencalonkan diri jadi Anggota DPRD Situbondo,” ujar Astun, saat ditemui di kediamannya, Senin (26/2/2024).

Lebih lanjut, Astun menjelaskan dirinya tidak bersedia mengkoordinir warganya, karena baginya, warga bebas dan berhak memilih pilihan masing-masing. “Warga saya kan bukan bebek, yang suruh masuk kandang masuk semua, warga saya kan manusia tidak bisa diatur soal pilihan,” imbuhnya.

Diduga, karena dianggap tidak bisa memenangkan istri kades, Astun mendapatkan surat pemberhentian yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kepala Desa Sumberpinang, Akhmad Rasidi tertanggal 18 Februari 2024.

“Saya tidak mengetahui kenapa saya dipecat, tau-tau saya dapat surat pemberhentian, kalau dugaan saya karena pemilihan,” tuturnya.

Bukan dirinya saja yang bingung dan bertanya-tanya atas pemberhentian itu, Astun mengatakan warganya juga heran dan bertanya kenapa dia diberhentikan. “Warga saya juga kaget saya diberhentikan dengan alasan tidak jelas,” kata Astun.

Astun pun melanjutkan, bukan hanya dirinya saja RT yang diberhentikan, ketua RT 4 RW 03 juga diberhentikan dengan alasan yang tidak jelas juga.

“Kalau saya tidak mau tandatangan, tapi jika memang diberhentikan juga tidak masalah tapi harus dijelaskan salah saya apa, jangan asal pecat tanpa alasan yang jelas,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberpinang, Akhmad Rasidi saat dikonfirmasi melalui telpon mengatakan pemecatan tersebut dikarenakan persolan netralitas Ketua RT.

“Lebih enaknya langsung ketemu saja biar jelas, saya tunggu kapan bisanya saya tunggu di kantor masnya kesini,” ujar Akhmad Rasidi.

Namun saat didatangi oleh sejumlah wartawan di kantornya, Kades Sumberpinang tersebut malah menghindar dan tidak bisa dihubungi kembali nomor teleponnya.

Tidak hanya itu juga viral Vidio di beberapa grub Whatshap yang berdurasi satu menit dua puluh enam detik, tentang kekecewaan Ketua RT sepintas mengatakan. Sudah dipecat jadi RT karena tidak memilih bu tenggi atau (Ibu Kepala Desa) dan sambil membakar sebuah papan bertuliskan Ketua RT 03. RW.03 Dusun Meraan Timur. //////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.