Edukasi Transportasi di Stasiun Ketapang: Kecintaan Anak-Anak Terhadap Kereta Api Meningkat

by -374 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Moda transportasi Kereta Api Indonesia (KAI) kini semakin diminati oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Hal ini terlihat di Stasiun Ketapang, Banyuwangi,  Jawa Timur (Jatim) yang hampir setiap hari menerima kunjungan dari TK, SD, SMP, dan SMA untuk melakukan outing class edukasi transportasi mengenai Kereta Api.

Salahsatu contohnya adalah kunjungan dari TK PGRI Purwosari, Jember. Tercatat 46 siswa/siswi sedang asik dan semangat mendengarkan informasi dan  arahan dari petugas Stasiun Ketapang pada Rabu (21/02/2024).

iklan aston

Menurut Kepala Sekolah TK PGRI Purwosari, Uzlifatul Jannah, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya di Banyuwangi yang telah melayani anak didiknya untuk mengetahui dan memahami istilah-istilah di KA dengan mudah.

“Kami bangga dengan pelayanan KAI yang memberikan pemahaman terkait istilah-istilah pada Kereta Api. Anak didik kami sangat bangga dengan kegiatan outing class di Stasiun Ketapang ini.” ungkap Jannah.

Sementara itu petugas Stasiun Ketapang, Lovida Sya’fani Zaiturrohmah, mengaku sangat senang kepada adik-adik yang mau belajar mengenai Kereta Api. Petugas mengenalkan satu per satu bagian dari Kereta Api mulai dari lokomotif hingga gerbong penumpang dan barang. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap moda transportasi KA.

“Kami memperkenalkan kepada mereka bagian-bagian dari Kereta Api seperti lokomotif, gerbong barang, masinis dan lainnya,” kata Lovida.

Para siswa dari TK PGRI Purwosari berangkat dari Jember menggunakan Kereta Api Pandanwangi dari Stasiun Jember pukul 05.30 WIB dan sampai di Stasiun Ketapang pukul 08.00 WIB.

Sekitar dua jam di Banyuwangi mereka kembali ke Jember menggunakan Kereta Api yang sama dari Stasiun Ketapang pukul 10.00 WIB dan tiba di Jember pukul 12.30 WIB.

Pelaksanaan program kegiatan outing class di Stasiun Ketapang sudah berjalan selama 2 tahun dan informasinya tersebar dari guru ke guru.

PT KAI tidak memungut biaya untuk kegiatan edukasi ini. Para peserta hanya perlu koordinasi dengan pihak stasiun untuk menentukan jadwal dan wajib naik Kereta Api untuk sampai di Stasiun Ketapang.

Kegiatan edukasi ini merupakan salahsatu upaya PT KAI untuk menumbuhkan minat generasi muda terhadap Kereta Api. Dengan memahami seluk beluk Kereta Api, diharapkan anak-anak akan lebih memilih Kereta Api sebagai moda transportasi pilihan di masa depan.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.