Korlantas Polri Gelar Gebyar Keselamatan Lalu Lintas 2024 di Jawa Timur

by -483 Views
Wartawan: Teguh Prayitno/rilis humas
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Surabaya, seblang.com– Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas, yang dilaksanakan di Mapolda Jawa Timur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, pejabat utama (PJU) Polda Jatim, serta komunitas motor di Jatim.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Jatim atas partisipasi komunitas sepeda motor dalam acara tersebut. Dia juga menyoroti peningkatan kecelakaan setiap tahun, dengan lebih dari 152.000 kejadian pada tahun 2023, menyebabkan tingkat fatalitas yang cukup tinggi.

iklan aston

“Ada 27.689 itu yang menjadi korban laka lalu lintas dari tahun 2001, 2002, dan 2003 ini ada peningkatan,” ujarnya.

Melalui kegiatan Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas ini, pihaknya ingin bersama-sama masyarakat, komunitas, dan seluruh stakeholder untuk meningkatkan kualitas keselamatan berlalu lintas di Indonesia.

Jawa Timur dipilih sebagai fokus karena tingkat kecelakaan di provinsi tersebut menduduki peringkat kedua tertinggi setelah Jakarta. Irjen Pol Aan Suhanan juga menyoroti fakta bahwa korban kecelakaan lalu lintas kebanyakan berusia produktif, antara 15 hingga 59 tahun, yang menandakan pentingnya meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas di kalangan ini.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Imam Sugianto, Msi, menjelaskan bahwa lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan. Dia menekankan pentingnya lalu lintas untuk mendukung aktivitas manusia dalam mendorong pergerakan roda perekonomian masyarakat.

“Dampak tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan tingkat pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana jalan, ditambah dengan perilaku pengguna jalan yang tidak tertib dalam berlalu lintas juga menjadi salah satu faktor penyebab tingginya kejadian kecelakaan lalu lintas,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto.

Kapolda Jatim berharap dalam satu tahun ke depan angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur bisa ditekan seminimal mungkin. “Berbagai upaya harus dilakukan terobosan-terobosan harus dilakukan nanti di akhir tahun akan kita coba evaluasi,” pungkasnya.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.