Satpolairud Polres Situbondo Berjibaku Menyelamatkan Ikan Paus Sirip yang Terdampar

by -584 Views
Wartawan: Kadari
iklan aston

Situbondo, Seblang.com – Seekor paus sirip dengan panjang sekitar 2,5 meter berhasil diselamatkan setelah terdampar di pantai Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo. Kejadian ini menarik perhatian warga yang berkumpul di bibir pantai menyaksikan momen penyelamatan hewan laut yang dilindungi tersebut.

Awalnya, masyarakat mengira itu adalah lumba-lumba, dan segera menghubungi anggota Satpolairud Polres Situbondo.

iklan aston

Berbekal informasi tersebut, Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa memimpin tim ke lokasi, di Pelabuhan Jangkar. Setelah didekati, terungkap bahwa itu adalah Ikan Paus Sirip muda, dengan perut yang memerah akibat tergesek pasir.

Anggota Satpolairud, bersama TNI-AL Pos Jangkar dan warga, berupaya keras untuk menyelamatkan paus tersebut. Mereka mengikatnya dengan kain, menarik, dan mendorongnya ke tengah laut sambil berteriak, memberikan dorongan agar ikan terus berenang ke arah laut yang lebih aman.

Menurut Sutono (40), seorang warga setempat, kondisi pasang surut air laut dapat menjadi penyebab terdamparnya ikan di wilayah pesisir. “Pasang surut air laut dapat menyebabkan hewan laut terjebak bergerak ke perairan dangkal tanpa mereka sadari. Ikan tersebut berenang terlalu kepinggir sehingga sensor yang dimiliki tidak berfungsi, hal ini yang menyebabkan ikan kebingungan,” ujarnya.

Kasatpolairud Polres Situbondo, AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH, membenarkan kejadian tersebut. “Berkat kerjasama anggota Satpolairud, masyarakat, beserta TNI-AL Pos Jangkar, ikan paus dapat di selamatkan dan kembali ke habitatnya,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.