Potret dan Eksistensi Masyarakat Adat Osing di Banyuwangi

by -813 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tindak lanjut dari Workshop Penulisan Identifikasi Masyarakat Adat Osing karya tulis para peserta nanti akan diekspos dan mencoba menyampaikan temuan-temuan di lapangan bersama tim.

Tidak menutup kemungkinan nantnya akan menjadi jaringan kerja advokasi untuk penguatan dan pengakuan masyarakat adat yang nantinya juga tergantung respon dari audiens.

iklan aston

Menurut Direktur Eksekutif Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA), Edi Suprapto, sebenarnya pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi sudah mengakui dan menjadikan desa Kemiren menjadi Desa Adat Masyarakat Osing di kota yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini.

“Harapan teman-teman yang beberapa waktu lalu pernah melakukan advokasi dan mendorong adanya Perda Pengakuan dan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat Osing bisa terealisasi,” jelas Edi di Pesinauan Sekolah Adat Osing di desa Olehsari kecamatan Glagah Banyuwangi pada Rabu (31/1/2024).

Melalui karya tulis para peserta workshop untuk dipublikasi dan dikomunikasikan untuk melihat sejauh mana respon para pihak, terutama dari pemerintah baik eksekutif maupun DPRD Banyuwangi, imbuh Edi.

Dia menuturkan dalam pelaksanaan Workshop Penulisan Identifikasi Masyarakat Adat Osing ada beberapa yang ditekankan, antara lain pihaknya ingin membangun profil masyarakat adat dan sebarannya di berbagai tempat.

Kemudian mencoba memotret praktek-praktek yang berlaku dalam beberapa hal misalnya tentang kesetaraan gender dan pegelolaan sumber daya alam (SDA)nya. “Karena hasil penelitian di masyarakat Osing kondisi alamnya di beberapa tempat terutama di desa-desa masih terjaga kelestarianya,” imbuh Edi.

Selanjutnya ARuPA bersama dengan Aman Osing ingin memotret adat istiadat yang masih berlaku di masyarakat Osing yang masih dijaga dipelihara dan dilestarikan serta berbeda dengan adat istiadat masyarakat yang lain di wilayah Banyuwangi.

Selanjutnya ARuPA bersama dengan Aman Osing juga ingin mengetahui Community Livelihood ( penghidupan masyarakat) Osing, terutama yang benar-benar mempunyai ciri khas.”Seperti yang kemarin teman-teman menemukan batik dan tenun Osing. Realitas itu yang kami angkat sehingga publik tahu bahwa masyarakat adat Osing masih eksis dan masih ada problematika yang membutuhkan perhatian khusus,” pungkas Edi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.