Polres Batu Bersama BPBD Bersihkan Material Akibat Banjir, Akses Jalan di Desa Beji Kembali Lancar

by -357 Views
Girl in a jacket

Kota Batu, seblang.com  – Dampak tingginya curah hujan di Kota Batu, Jawa Timur, memicu banjir di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Polres Batu, melalui Polsek Junrejo, bersinergi dengan BPBD dan relawan langsung turun ke lokasi kejadian.

Kapolsek Junrejo, AKP Anton, menyatakan pihaknya merespons cepat setelah menerima informasi dari BPBD. Mereka bahu-membahu membersihkan material yang terbawa banjir.

iklan aston

Banjir yang terjadi pada Senin (29/1) sekitar pukul 17.00 WIB merusak tembok hotel sepanjang 30 meter dan tinggi 8 meter, menutup akses jalan utama di Jl Damun Desa Beji.

“Kejadian ini juga menyebabkan saluran drainase tersumbat, kabel PLN terputus, fasilitas umum terkikis, dan dua rumah warga tergenang air,” ungkap AKP Anton.

Setelah penanganan darurat, AKP Anton menekankan pentingnya langkah lanjutan untuk pemulihan dan perbaikan, termasuk perbaikan infrastruktur, dukungan psikososial bagi warga terdampak, dan evaluasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan di masa depan.

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah rawan banjir atau longsor, meningkatkan kewaspadaan menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Kejadian ini menegaskan pentingnya perencanaan mitigasi bencana, kesiapsiagaan masyarakat, dan kerjasama antar lembaga dalam menghadapi bencana alam,” ujar AKBP Oskar.

Pihaknya telah memerintahkan seluruh personel, khususnya di Polsek, untuk mengajak warga agar lebih waspada terhadap kondisi cuaca saat ini. Sebelumnya, AKBP Oskar Syamsuddin menyebut bahwa pihaknya telah melakukan pelatihan kebencanaan bersama BPBD. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.