Satpolairud Polres Situbondo Informasikan Perkiraan Cuaca Ektrem dari BMKG Kepada Masyarakat Nelayan

by -132 Views
Girl in a jacket

Situbondo, Seblang.com – Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG Juanda tanggal 27 Januari 2024, untuk wilayah Jawa Timur bahwa tingkat turunnya hujan besar sudah meningkat dan angin didominasi dari Barat Laut dengan kecepatan 17 knot atau 31 km/jam di Wilayah jawa bagian Timur dan juga Selat Madura.

Dari informasi tersebut Satpolairud Polres Situbondo melaksanakan patroli dan monitor cuaca serta mensosialisasikan kepada nelayan terkait prakiraan cuaca dari BMKG. Hasil monitor angin sudah berhembus dari arah barat dan perahu atau kapal yang sandar di pelabuhan kalbut sudah bergoyang karena gelombang dan juga hembusan angin namun belum membahayakan.

iklan aston

Minggu (28/1/2024) bertempat di Pelabuhan Kalbut Kecamatan Mangaran, anggota Satpolairud Bripka Farhan Hariz, S.Psi, MH memberikan himbauan kepada nelayan untuk selalu memonitor prakiraan cuaca dari BMKG yang sudah di share oleh Polisi RW Satpolairud ke Grup Whatsapp kelompok nelayan.

Masyarakat pesisir dan nelayan diimbau agar tidak memaksakan berlayar apabila kondisi cuaca tidak bersahabat serta tetap membawa alat keselamatan, Bripka Farhan Hariz juga menyarankan apabila tidak mempunyai Life Jaket (Pelampung) bisa meminjam di Pos SAR Satpolairud untuk perlindungan apabila terjadi cuaca buruk di tengah laut.

Kasatpolairud AKP Gede Sukatrmadiyasa, SH, MH mengatakan setelah mendapatkan informasi perkiraan cuaca dari BMKG maka Satpolairud wajib meneruskan dan memberikan pembinaan kepada masyarakat pesisir dan nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Kami juga mengimbau para nelayan yang tidak memiliki Life Jaket (Pelampung) bisa meminjam di Pos SAR Satpolairud yang berlokasi di Pelabuhan Kalbut. Tujuannya semata mata untuk kepentingan masyarakat nelayan dalam hal keselamatan saat melaut,” terangnya.

Lebih lanjut, AKP Gede Sukatrmadiyasa juga menyampaikan bahwa saat kondisi cuaca angin dan gelombang besar, personil Satpolairud juga membantu nelayan untuk menegangkan tali jangkar agar perahu atau kapal tidak terbawa oleh arus atau angin.

“Polisi dan Nelayan bersinergi mengamankan kapal dan perahu yang bersandar di Pelabuhan Kalbut, termasuk bersama-sama menjaga kapal dipelabuhan mencegah tali jangkar atau tali sandaran lepas saat cuaca angin dan ombak besar,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu nelayan Kalbut Bahri (37) mengucapkan terima kasih kepada personil Satpolairud yang selalu bekerjasama dalam pengamanan Pelabuhan Kalbut dan selalu memberikan informasi kepada masyarakat nelayan apabila terdapat angin kencang dan gelombang yang agak tinggi, sehingga pemilik perahu bisa datang menuju ke tempat sandaran dan menjaga agar perahu tidak lepas dari dermaga.

“Kami mewakili masyarakat pesisir dan nelayan Kalbut mengucapkan terima kasih kepada Satpolairud Polres Situbondo karena membantu nelayan dengan memberikan informasi perkiraan cuaca dan juga mengamankan kapal-kapal di Pelabuhan,” ungkapnya. /////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.