Pemerintah Banyuwangi Jadikan Pusat Informasi Geologi (PIG) Geopark Ijen Destinasi Wisata Baru

by -587 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat melihat salahsatu bagian di Pusat Informasi Geologi Geopark Ijen di Jalan Gajahmada Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi akan mendapatkan tambahan pilihan destinasi wisata edukasi dengan adanya Pusat Informasi Geologi (PIG) Geopark Ijen yang ada di Jalan Gajahmada Banyuwangi Jawa Timur (Jatim).

Menurut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, PIG merupakan bantuan Kementrian  Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) RI kepada pemerintah Banyuwangi karena Geopark Ijen sudah masuk UNESCO Global Geoprak.

iklan aston

“Ini bagian dukungan dari pemerintah pusat, agar informasi terkait Geopark Ijen bisa didapatkan semua pihak. Alatnya lengkap, modern dan menarik serta informasinya tentang Banyuwangi dan Bondowoso lengkap.,” ujar Bupati Ipuk kepada sejumlah wartawan di Dormitory Wisma Atlet Banyuwangi pada Jumat (26/1/2024).

UNESCO Global Geopark sendiri merupakan sebuah wilayah geografis dimana situs dan lanskap yang menjadi aset geologis internasional dikelola dengaan konsep konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu.

Bupati Ipuk menuturkan pihaknya berharap semoga PIG menjadi destinasi wisata edukasi yang baru bagi masyarakat khususnya bagi para pelajar mahasiswa dan peneliti.

Bahkan pihak pengelola PIG mengungkapkan kedepan akan mampu menjadi potensi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Banyuwangi. Masuknya berbayar karena untuk mendukung biaya operasional dan perawatan, tambahnya.

Selanjutnya Bupati Ipuk menambahkan seperti biasanya Banyuwangi setiap ada program semua SKPD terlibat. Dalam hal ini nanti yang lebih banyak koordinasi adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Tetapi terkait dengan pemanfaatan Dinas Pendidikan dan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman juga terlibat,” imbuh Bupati Ipuk.

Bangunan yang dimanfaatkan untuk PIG saat ini dua lantai dan masih ada dua lantai lagi yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi apa yang ada saat ini.

Bupati mengajak masyarakat Banyuwangi untuk memanfaatkan edukasi wisata PIG yang baru untuk berwisata sekaligus belajar dan menimba ilmu terkait kekayaan geologi Banyuwangi dan Bondowoso yang merupakan bagian Geopark Ijen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.