Warga Bakungan Banyuwangi Belajar Mengelola Sampah dari Ahli Persampahan PBB Zoe lenkiewich

by -576 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka mendukung pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih indah dan sehat, puluhan warga kelurahan Bakungan kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) mengikuti dialog pengelolaan dan pengolahan sampah di rumah Gerakan Masyarakat Bakungan Mandiri Pisah Sampah Dari Rumah (Gerbang Mesrah) Banyuwangi, pada Kamis (25/1/ 2024)

Menurut Lurah Bakungan Agus Rahmanto, acara dialog tersebut dihadiri oleh Zoe lenkiewich ( Waste Expert From Developing Country) ahli persampahan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menjalin kerjasama dengan pemerintah Banyuwangi dalam membina 15 desa/kelurahan.

iklan aston

Zoe lenkiewich datang ke Banyuwangi dalam rangka melaksakan proyek Clean Ocean Through Clean Communities (CLOCC) yang merupakan asosiasi pengelolaan sampah yang berasal dari Norwegia dan saat ini sedang terlibat penyusunan masterplan penanganan sampah di Banyuwangi.

Agus Rahmanto menuturkan poin penting dari kegiatan yang dilaksanakan adalah upaya membuka wawasan cara pengelolaan sampah dari negara maju dengan melakukan dialog dengan ahli persampahan dari PBB Zoe lenkiewich dari Inggris.

“Kita mendapatkan pemahaman baru ternyata sampah bisa dikelola sedemikian rupa dan dampaknya lingkungan kita lebih terkendali. Polisi udara bisa dikendalikan dan pencemaran lingkungan bisa dikurangi,” ujar Agus kepada wartawan media ini.

Tantangan terberat dalam pengelolaan sampah lanjut dia kembali pada kebiasaan masyarakat yang masih belum sepenuhnya memiliki kesadaran untuk mengelola dan menangani sampah dengan bijaksana.

Secara perlahan tetapi pasti pihak kelurahan Bakungan bersama dengan beberapa pihak terkait terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat sadar untuk bersama-sama melakukan pemilahan sampah dari sumbernya.

“Kita pisahkan sampah organik dan an organik dengan harapan lebih memudahkan dalam pengelolaan,” imbuh Lurah Bakungan.

Salahsatu program yang dilaksanakan adalah fokus pada pemanfaatan hasil olah sampah yaitu untuk pakan ternak dan pupuk cair.”Kita fokus dulu disitu dan berupaya mengembangkan kapasitas pengelolaan sampah. Harapanya semakin banyak semakin luas masyarakat yang bisa dilayani,” pungkas Agus Rahmanto.

Hadir dalam acara dialog dengan ahli persampahan dari PBB Zoe lenkiewich, antara lain; Dharma Wanita kelurahan, Kader kesehatan, Karang Taruna, Babinsa dan Babinkamtibmas Bakungan.

Selain itu hadir juga petugas kebersihan kelurahan setempat, puluhan mahasiswa Unversitas Airlangga (Unair) yang ada di Kabupaten Banyuwangi dan guru / tenaga pendidik serta beberapa peserta lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.