Hari Kepatuhan, BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi Berkolaborasi dengan Disnakertransperin Lakukan Pengawasan kepada Perusahaan Nakal

by -290 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka Hari Kepatuhan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banyuwangi berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Perindustrian (Disnakertransperin) setempat melakukan pengawasan bersama terhadap perusahaan yang terindikasi belum patuh pada program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya penegakan kepatuhan Badan Usaha dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Eneng Siti Hasanah, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi, Selasa (23/1/2024).

iklan aston

Pengawasan terpadu melibatkan Pengawas Ketenagakerjaan dan Petugas Pemeriksa BPJS Ketenagakerjaan, dengan pemanggilan dan pemeriksaan bersama kepada Badan Usaha di seluruh Kabupaten Banyuwangi.

Perusahaan yang tidak mematuhi ketentuan berpotensi mendapatkan sanksi administratif hingga sanksi pidana. “Hari Kepatuhan BPJS ini adalah upaya bersama dalam pembinaan dan pengawasan terhadap perusahaan yang belum tertib dalam pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Eneng.

Meskipun masih ada perusahaan di Kabupaten Banyuwangi yang belum melaksanakan program sesuai peraturan perundang-undangan, Eneng berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran perusahaan untuk mematuhi program tersebut.

Dengan dukungan Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya, diharapkan dapat membangun sinergi dan semangat untuk melaksanakan amanah undang-undang, memberikan perlindungan kepada warga dan pekerja di Kabupaten Banyuwangi melalui BPJS Ketenagakerjaan.

“Kepatuhan perusahaan dalam pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan adalah bukti nyata negara hadir memberikan kepastian perlindungan sosial dan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambah Eneng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.