Bupati Banyuwangi Serahkan SK Penugasan 42 Kepala Puskesmas, Targetkan Penyelesaian Stunting

by -592 Views
Wartawan: Teguh/humas
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, Seblang.com – Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Penugasan kepada 42 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memegang peran sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas, Jumat (19/1/2024).

Penyerahan dilakukan di Ruang Rempeg Jagapati dan dihadiri oleh Asisten Pembangunan dan Kesra Choiril Ustadi Yudawanto, Asisten Administrasi Umum Arief Setiawan, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Kepada 42 Kepala Puskesmas tersebut, Bupati Ipuk menekankan pentingnya penanganan masalah balita stunting, Angka Kematian Ibu (AKI), dan Angka Kematian Bayi (AKB) di wilayah kerjanya.

“Ini harus menjadi tanggung jawab semua petugas puskesmas. Jangan hanya diserahkan kepada petugas atau bidan di lapangan saja, namun semua petugas kesehatan harus terlibat,” ujar Ipuk.

Ipuk juga menetapkan target penyelesaian masalah stunting dan kasus kematian ibu serta bayi dalam waktu tiga bulan. “Kami akan lakukan pemantauan. Jika tidak tercapai, akan kami evaluasi kembali,” tambahnya.

Stunting dianggap sebagai prioritas penanganan kesehatan karena berkaitan dengan kualitas generasi mendatang. Di Banyuwangi, upaya penanganan stunting telah berhasil, dengan angka turun menjadi 2.387 balita pada 2023, dari sebelumnya 2.704 balita.

Ipuk juga mengharapkan para kepala puskesmas menjalin komunikasi intensif dengan seluruh stakeholder, termasuk masyarakat sekitar. “Dengan sinergi berbagai pihak, semua hal akan mudah. Pemanfaatan teknologi harus dioptimalkan untuk mempercepat layanan kesehatan,” tandas Ipuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.