Jauh-jauh Datang dari Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Kotamobagu Belajar Kiat Sukses Pemkab Banyuwangi

by -522 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara mengirimkan delegasinya ke kabupaten berjuluk The Sunrise of Java untuk mengeksplor kiat sukses pemerintahan Kabupaten Banyuwangi hingga menorehkan berbagai macam prestasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono, menyambut kedatangan Pj. Walikota Kotamobagu, Asripan Nani dan rombongan di Aula Minakjinggo pada Senin (15/1/2024).

iklan aston

Dalam kesempatan tersebut, Asripan menyatakan niatnya untuk memahami lebih lanjut strategi Banyuwangi dalam memajukan daerah. Mengingat Kotamobagu sebagai kota muda yang perlu masukan untuk berkembang.

“Asal usul kota kami baru 17 tahun, hasil pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow. Kami perlu belajar banyak agar bisa maju seperti Kabupaten Banyuwangi,” ungkap Asripan.

Pj. Walikota Asripan tertarik dengan inovasi dan prestasi Banyuwangi, terutama terkait pengelolaan daerah, pelayanan publik, dan sektor pariwisata. Ia berharap dapat menggali berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Banyuwangi untuk kemajuan daerahnya.

“Kami memperhatikan selalu ada program inovasi baru juga prestasi dari Banyuwangi. Kami sangat tertarik dan sempatkan datang langsung kesini untuk belajar banyak hal,” tutur Arsipan.

Sekda Banyuwangi, Mujiono, menjelaskan bahwa inovasi terus menjadi kunci perbaikan kinerja pemerintahan. Program “Bupati Ngantor di Desa” menjadi salah satu inovasi konsisten, di mana Bupati Banyuwangi tinggal sehari penuh di desa untuk menyelesaikan urusan warga.

“Inovasi kami melibatkan semua sektor, termasuk tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan penanganan kemiskinan,” tambah Mujiono.

Banyuwangi juga telah berhasil menerapkan program Mal Pelayanan Publik, melayani lebih dari 200 layanan dokumen kependudukan dan perijinan di satu tempat. Inovasi ini bahkan diadopsi oleh pemerintah pusat untuk kemudahan pengurusan dokumen kependudukan warga.

Tak hanya itu, sektor pariwisata juga menjadi fokus utama Banyuwangi dalam menggerakkan ekonomi lokal. Banyuwangi Festival menjadi ajang tahunan yang menghadirkan berbagai event berbasis seni, budaya, dan potensi daerah untuk meningkatkan daya tarik pariwisata dan perekonomian warga setempat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.