Polda Jatim Minta Pemerintah Daerah Anggarkan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api

by -460 Views
iklan aston

Surabaya, seblang.com  – Polda Jawa Timur mendesak pemerintah daerah untuk menganggarkan pemasangan palang pintu di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) Kereta Api guna mengurangi kecelakaan lalu lintas. Direktur Lalu-lintas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin, menegaskan bahaya keselamatan masyarakat yang melintas di JPL tanpa palang pintu.

“Ini sangat membahayakan keselamatan masyarakat yang melintas di JPL Kereta Api,” ujar Kombes Komarudin.

iklan aston

Komarudin menyatakan, banyak JPL di beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yang belum dilengkapi palang pintu. Polda Jatim telah melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder, menyimpulkan bahwa pemasangan palang pintu di JPL Kereta Api menjadi kebutuhan mendesak.

“Kesimpulan pada rapat tersebut bahwa kebutuhan pemasangan palang pintu di JPL Kereta Api sangat mendesak untuk segera dibangun,” kata Kombes Komarudin.

Dirlantas Polda Jatim berharap pemerintah daerah dapat menganggarkan pembangunan palang pintu pada JPL Kereta Api pada tahun anggaran 2024. Evaluasi sebelumnya menunjukkan bahwa dari 669 JPL tanpa palang pintu, 11 titik JPL baru dibangun di seluruh Jawa Timur.

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan evaluasi, dari lebih kurang 669 JPL yang belum ada palang pintunya, masih ada 11 titik JPL yang baru dibangun di seluruh wilayah di Jawa Timur,” ujar Kombes Komarudin.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Pm 94 Tahun 2018, tanggung jawab pembangunan perlintasan sebidang Kereta Api berada pada Pemerintah Kabupaten/Kota. Kombes Pol Komarudin mengingatkan koordinasi dengan pemerintah daerah perlu ditingkatkan sesuai arahan Kapolda Jatim.

“Untuk itu sesuai arahan Bapak Kapolda Jatim, untuk berkoordinasi dengan Pemerintah daerah Kabupaten/Kota adalah menjadi catatan di tahun 2023 yang lalu,” pungkas Kombes Komarudin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.