Operasi Harkamtibmas: Polda Jatim Gelar Razia di Tempat Hiburan Malam Menjelang Tahun Baru 2024

by -274 Views
iklan aston

Surabaya, seblang.com – Kepolisian Daerah Jawa Timur terus berkomitmen untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah hukumnya melalui upaya pencegahan dan penindakan.

Untuk mengantisipasi peredaran narkoba selama liburan Tahun Baru, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim (Ditresnarkoba) melakukan razia mendadak di sejumlah tempat hiburan malam.

iklan aston

Razia tersebut dilakukan menjelang tahun baru 2024 dengan tujuan mencegah penyalahgunaan narkoba dan obat keras berbahaya (Okerbaya) demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Dalam operasi ini, dipimpin oleh Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Jatim, AKBP Harsono, didampingi oleh Kasubdit I AKBP Windi Saputra, Kasubdit II AKBP Mirzal Maulana, Kasubdit III AKBP Charles Simanjuntak, dan 84 anggota gabungan dari Polda Jatim.

AKBP Harsono menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan dari Dirresnarkoba Polda Jatim, Kombespol Robert Da Costa.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menjamin stabilitas wilayah di Jawa Timur agar masyarakat dapat merayakan Natal dan menyambut tahun baru 2024 dengan aman dan nyaman,” ujar AKBP Harsono pada Jumat (29/12).

Hasil dari kegiatan pada malam hari tersebut melibatkan pemeriksaan secara acak, yang mengarah pada identifikasi dua orang dengan indikasi penyalahgunaan narkoba.

“Kita menyasar di wilayah Jemursari, di mana terdapat tempat hiburan malam yang diduga melakukan penyalahgunaan narkoba,” kata AKBP Harsono.

Di titik pertama, pemeriksaan dilakukan terhadap 15 orang, dengan hasil ditemukan dua wanita berinisial NJ dan DN, yang dinyatakan positif.

“Langkah berikutnya kita lakukan pemeriksaan lanjutan dan bawa ke Polda Jawa Timur untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap AKBP Harsono.

Sementara di titik kedua, yang masih di lokasi sekitar wilayah Jemursari, dilakukan pemeriksaan terhadap 50 pengunjung dengan hasil negatif.

Harsono mengucapkan terima kasih kepada semua personel yang terlibat karena pelaksanaannya berjalan lancar tanpa kendala.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat memahami bahwa meskipun merayakan liburan dan menyambut tahun baru dengan bersenang-senang, tetap harus menjauhi penggunaan atau penyalahgunaan narkoba.

Ditresnarkoba Polda Jatim juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika menemui adanya peredaran narkoba kepada kepolisian terdekat.

Selanjutnya, dari hasil tes urine di dua tempat hiburan malam, ditemukan dua orang dengan hasil urin positif yang akan diproses untuk dilakukan pengembangan di Polda Jatim. Sementara minuman beralkohol yang diamankan sebagai barang bukti akan dicek terkait administrasinya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.