Antisipasi Lonjakan Penumpang KAI Daop 1 Jakarta Imbau Penumpang Perhatikan Barang Bawaan

by -259 Views
iklan aston

Jakarta, seblang.com – Menjelang tahun baru 2024, penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali meningkat pesat. Sebanyak 42.810 tiket terjual untuk keberangkatan hari ini, mencatatkan volume penumpang tertinggi pada masa libur menjelang Tahun Baru 2024 di area Daop 1 Jakarta.

Menurut Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas Daop 1 Jakarta, dari total penumpang hari ini Jumat (29/12/2023) sebanyak 16.759 tiket terjual dari Stasiun Gambir dan 23.778 tiket terjual dari Stasiun Pasar Senen. Angka tersebut masih berpotensi meningkat hingga keberangkatan KA terakhir hari ini.

iklan aston

Dalam menghadapi lonjakan ini, KAI Daop 1 Jakarta memberikan imbauan kepada penumpang agar memperhatikan barang bawaan mereka. “Kami mengimbau seluruh penumpang KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal di peron stasiun maupun di atas kereta api,” ujar Ixfan.

Total penjualan tiket Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencapai 499 ribu dari 772.705 tiket yang disediakan. Kota-kota tujuan favorit seperti Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Purwokerto, Cirebon, dan Tegal menjadi pilihan utama penumpang.

Ixfan juga mengungkapkan upaya Daop 1 Jakarta dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan, termasuk penambahan area dan kursi tunggu di Stasiun Pasar Senen (2.100 tempat duduk) dan Stasiun Gambir (1.200 tempat duduk). Untuk mengurai kepadatan, Face Recognition (FC) digunakan di Stasiun Gambir, dan jumlah meja layanan ditingkatkan di Stasiun Pasar Senen.

Peningkatan petugas juga dilakukan, termasuk penambahan Customer Service mobile (CSM). Ixfan menyebut bahwa volume penumpang tinggi berdampak pada peningkatan barang tertinggal. “Selama periode Nataru ini, telah diamankan 19 barang milik penumpang, dan 8 diantaranya sudah kembali ke pemilik,” ungkapnya.

Bagi penumpang yang kehilangan barang, Ixfan menyarankan untuk melaporkan kepada petugas atau melalui Contact Center KAI 121. KAI berharap masyarakat merencanakan perjalanan dengan baik dan memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan.

“Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui Aplikasi Access by KAI, yang dapat diunduh gratis di perangkat Android dan iOS,” tambah Ixfan. Selain itu, pemesanan tiket dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang bekerjasama dengan KAI.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.