WBP Lapas Banyuwangi Menangis Haru saat Membasuh Kaki Ibunya

by -578 Views
iklan aston

Banyuwangi, Seblang.com – Suasana haru menyelimuti Lapas Kelas IIA Banyuwangi, ketika para warga binaan membasuh kaki ibu mereka dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) di depan Aula Sahardjo, Jumat (22/12/2023).

Dalam momen sungkem ini, ibu maupun anak dari Warga Binaan Perempuan secara khusus diundang untuk berpartisipasi.

iklan aston

Para warga binaan pun tak mampu menahan tangis saat sungkem dan mencuci kaki ibu mereka. Bahkan, petugas yang turut menyaksikan kegiatan ini ikut terharu berlinang air mata.

Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono, menyatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya sebagai perayaan Hari Ibu, tetapi juga sebagai upaya membimbing warga binaan agar dijadikan refleksi atas kesalahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Melalui momen seperti ini, kami berharap mereka merenungi kesalahan mereka dan bertekad untuk berubah. Kami ingin mereka bahagia dan mampu membahagiakan orang tua, khususnya ibu,” ucap Agus Wahono.

Menurut Agus, program pembinaan yang diberikan oleh lapas sangat beragam, mencakup aspek kemandirian dan pembentukan kepribadian. “Tujuannya agar ketika bebas, mereka dapat kembali diterima dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya.

ANP (28), yang tengah menjalani hukuman atas kasus Pencucian Uang, menyampaikan penyesalannya atas perbuatannya terhadap ibunya. Ia berjanji untuk berusaha membahagiakan ibu dan keluarganya setelah bebas.

“Saya belum bisa membuat ibu tersenyum bangga selama ini. Setelah bebas, saya akan berusaha membahagiakan ibu dan keluarga saya. Terima kasih kepada Bapak Kalapas dan seluruh petugas yang telah memberikan fasilitas untuk kegiatan ini,” ungkap ANP dengan penuh haru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.