Kasus Perceraian Di Kabupaten Banyuwangi selama 2023 Mendekati 5000 Kasus

by -827 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi, Jawa Timur mencatat kasus perceraian di Bumi Blambangan hingga akhir tahun 2023 hampir mendekati angka 5000 kasus. Angka ini termasuk rekor tertinggi.

Ketua Pengadilan (PA) Banyuwangi YM H. Husnul Muhyidin, S.Ag, melalui Panitra muda M. Nur Prehantoro S. H,  mengatakan setidaknya sejak Januari hingga Desember 2023, jumlah keseluruhan akta cerai sekitar 4.913 kasus.

iklan aston

“Ada hampir mendekati 5.000 an kasus dan jumlah akta cerai per tahun ini sekitar 4913. Atau setidaknya rata-rata terdapat 409 kasus perceraian tiap bulannya, ” katanya, Kamis (21/12/2023).

Ia juga mengatakan sebelumnya pada bulan Januari hingga bulan Mei 2023 terdapat 1.991 kasus perceraian di Banyuwangi. menurut Nur Prehantoro faktor ekonomi yang mendominasi penyebab renggangnya keharmonisan hubungan rumah tangga yang berujung perceraian.

“Sebagian besar karena masalah ekonomi, selain itu kasus perceraian ini bisa meningkat karena banyak pasangan muda yang belum siap mengarungi bahtera rumah tangga,” ujarnya.

Nur Prehantoro juga menyampaikan Jumlah kasus perceraian di setiap Kecamatan Banyuwangi. Menurutnya, angka tertinggi ada di kecamatan muncar, sejumlah 383 kasus cerai.

“Tertinggi itu muncar, kemudian diikuti kecamatan Banyuwangi kota dengan jumlah 334, dan yang terendah kecamatan Blimbingsari 0 kasus, dan kecamatan licin sekitar 67 kasus cerai, ” ungkapnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.