Polda Jatim Terjunkan 13.034 Personel Gabungan untuk Pengamanan Nataru 2023/2024

by -75 Views
Girl in a jacket

Surabaya, seblang.com – Dalam persiapan menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Polda Jawa Timur telah mengerahkan lebih dari 13.034 personel gabungan. Personel tersebut melibatkan TNI, Polri, instansi pemerintah setempat, relawan, dan stakeholder terkait.

Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, menyampaikan bahwa personel tersebut tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur dalam Operasi Lilin Semeru 2023-2024. Operasi ini dijelaskan sebagai upaya bersama Polda Jatim, TNI, dan stakeholder untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas selama libur akhir tahun dan awal tahun.

iklan aston

“Personel gabungan itu tersebar di seluruh wilayah yang ada di Jawa Timur yang tergabung dalam Operasi Lilin Semeru 2023-2024,” ujar Kombes Pol Dirmanto.

Direktur Lalulintas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin, selaku Kasatgas Opsda Operasi Lilin Semeru, menegaskan rencana mendirikan 194 pos pengamanan. Pos-pos ini, yang melibatkan 143 Pos Pengamanan, 42 Pos Pelayanan, dan 9 Pos Terpadu, akan ditempatkan sesuai karakteristik wilayah, termasuk tempat wisata, jalur penyeberangan, dan tempat ibadah.

“Kami siapkan sebanyak 143 Pos Pengamanan, 42 Pos Pelayanan dan 9 Pos Terpadu,” ujar Kombes Pol Komarudin.

Dirlantas Polda Jatim juga menyoroti potensi dan titik rawan, termasuk bencana dan kemacetan. Menghadapi perkiraan 17 persen dari 107 juta pergerakan masyarakat pada Nataru, Jawa Timur mempersiapkan diri sebagai provinsi dengan aktivitas tertinggi.

“Pada Operasi Lilin Semeru ini, aparat keamanan juga akan menjaga keamanan dan kenyamanan umat Nasrani yang menjalankan ibadah dan perayaan Natal,” tambah Kombes Dirmanto.

Pengamanan tidak hanya fokus pada kelancaran lalu lintas, melainkan juga pada keamanan dan kenyamanan umat Nasrani yang merayakan Natal. Operasi Lilin Semeru diharapkan dapat memberikan jaminan bagi masyarakat selama libur akhir tahun dan awal tahun baru.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.