Perang Melawan Narkoba: Kasat Resnarkoba Polresta Banyuwangi Sosialisasi Bahaya Narkoba 

by -228 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba, Kasat Resnarkoba Polresta Banyuwangi Kompol M. Khoirul Hidayat, menyampaikan sosialisasi bahaya narkotika dan obat berbahaya melalui podcast Seblangdotcom, Jumat (15/12/2023).

Dalam podcast tersebut, Kompol M. Khoirul Hidayat yang memiliki latarbelakang sebagai reserse kriminal ini mewanti-wanti masyarakat agar tidak sekali-kali terlibat penyalahgunaan narkoba. Pasalnya, narkoba memiliki dampak negatif yang luar biasa.

iklan aston

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan ketergantungan yang berakibat fatal terhadap kesehatan fisik dan mental. Selain itu, aktivitas kriminal seperti perdagangan narkoba juga merugikan masyarakat luas yang mengancam keamanan dan stabilitas sosial karena menjadi sumber kejahatan.

“Dampak negatifnya tidak hanya terbatas pada penggunanya, tapi juga merusak struktur keluarga dan kehidupan masyarakat,” kata Kompol M. Khoirul Hidayat.

Mirisnya lagi, kata Kompol Khoirul, narkoba bukan hanya menyasar kelas menengah ke atas, melainkan sudah menyasar kelas menengah ke bawah.
“Peredaran narkoba yang telah masif ini tidaklah cukup jika hanya ditindak hukum saja, tetapi upaya pencegahan juga harus diperkuat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dia, kepolisian tengah menggencarkan penyuluhan memberikan edukasi akan bahaya narkoba di sekolah-sekolah maupun dalam kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat.

“Baru-baru ini kami memberangkatkan ratusan pelajar untuk mengikuti kegiatan Road show generasi emas bebas narkoba. Harapannya mereka menjadi duta narkoba di sekolahnya masing-masing,” ujarnya.

Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mendidik generasi muda tentang bahaya narkoba juga dianggap krusial. Program pencegahan dan rehabilitasi terus ditingkatkan untuk memberikan solusi bagi individu yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika.

“Tindakan pencegahan dapat diawali dari lingkungan keluarga. Peran aktif orang tua sangat diperlukan untuk memberikan wawasan kepada buah hatinya akan bahaya narkoba,” jelasnya

Perang melawan narkoba, kata Kompol Khoirul, bukanlah tugas yang bisa dilakukan sendiri oleh kepolisian. Peran aktif masyarakat sangatlah diperlukan untuk mencegah kejahatan Narkoba. Walaupun hanya sekedar memberikan informasi dapat membantu penindakan terhadap pelaku kejahatan narkoba.

“Jangan takut untuk melapor jika ada orang terindikasi dalam penyalahgunaan narkoba. Pastinya kami akan merahasiakan identitas dan melindungi sang pelapor. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melindungi generasi muda dari ancaman narkoba. Waspada, edukasi, dan kolaborasi adalah kunci untuk memerangi bahaya ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.