Wisata Desa Kare Kabupaten Madiun Raih Tujuh Wisata Terbaik se-Nusantara

by -991 Views
Penganugerahan Wisata Desa terbaik se-Indonesia Foto : Puguh/seblang.com
iklan aston

Madiun, seblang.com – Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga(DISPARPORA) Kabupaten Madiun Melalui Bidang Pengembangan Pariwisata menorehkan prestasi tentang pengembangan desa wisata. Disparpora melalui Desa Wisata Kare mendapatkan penghargaan Anugerah Desa wisata Nusantara terbaik nomor tujuh se-Indonesia.

Dalam waktu yang sama, Pj. Bupati Madiun Ir.Tontro Pahlawanto juga menerima penghargaan prestisius Satya Lencana Bhakti Pembangunan Desa dari Kemendes PDTT (Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertingal Dan Transmigrasi) di Aruna Hotel Senggigi Lombok pada tanggal 24/11/202 lalu.

iklan aston

Kepala Bidang Pengengbangan Wisata Disparpora Kabupaten Madiun Mokh.Hamzah Nugrohanto saat dikonfirmasi di kantornya Kamis,7/12/2023 menyampaikan, bahwa pada awal penjaringan dari 2007 peserta desa wisata se-Indonesia, Desa Kare masuk 45 terbaik, kemudiaan dilakukan penyaringan dan meningkat menjadi 15 terbaik dan serta terus meningkat hingga 10 besar terbaik dan Desa Kare mendapatkan Anugerah Desa Wisata Nusantara peringkat ke-tujuh desa wisata ter-baik se-Nusatara.

“Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun masuk yang berhasil menyisihkan dua ribu peserta desa wisata se-Nusantara masuk kategori kedua desa wisata maju dan mandiri. Adapun kategori yang pertama yaitu sangat tertingal atau tertinggal atau berkembang ,” jelasnya.

Hamzah berharap, dengan diraihnya dua prestasi baik itu, Anugerah Desa Wisata Nusantara maupun Penghargaan Satya Lencana Bhakti Pembangunan Desa ,semakin bisa mengerakan ekonomi masyarakat melalui pariwisata yang berbasis Community Based Tourism (CBT), yaitu konsep pengelolaan kepariwisataan dengan mengedepankan partisipasi aktip masyarakat /mengelola pariwisatanya sendiri.

“Dengan demikian pariwisata sebagai alat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dapat berperan aktip dan lebih efisien dalam melaksanakan tugasnya ikut mengerakan ekonomi masyarakat yang berujung pada bertambahnya PAD (pendapatan Asli Daerah)melalui PA-Des” harapnya.(ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.