BPJS Ketenagakerjaan Kembali Raih Gold Rank di Kompetisi Asia Sustainability Report Rating 2023

by -265 Views
Girl in a jacket

Jakarta, seblang.comBPJS Ketenagakerjaan terus mengukir prestasi dengan meraih Gold Rank dalam kompetisi Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2023, yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR), di Jakarta Senin (6/11/2023) lalu.

Penghargaan tertinggi ini, khusus untuk kategori public sector, menandai keberhasilan konsistensi BPJS Ketenagakerjaan dalam menerapkan prinsip-prinsip environment, social, and governance (ESG).

iklan aston

“Prestasi ini sejalan dengan visi BPJS Ketenagakerjaan dalam mewujudkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang Terpercaya, Berkelanjutan, dan Menyejahterakan Seluruh Pekerja Indonesia,” kata Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Asep Rahmat Suwandha, Senin (20/11/2023).

Setelah menerima penghargaan, Asep menekankan komitmen BPJS Ketenagakerjaan terhadap inovasi dan transformasi digital. Menurutnya, sebagai satu-satunya Badan Hukum Publik yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan sosial ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan telah sukses mengimplementasikan digitalisasi layanan.

“Melalui inovasi teknologi elektronik “know your customer” (e-KYC) pada aplikasi JMO, proses pengajuan klaim dapat diselesaikan dalam waktu singkat, hanya 10-15 menit, dibandingkan dengan 10-15 hari sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu, digitalisasi layanan telah berhasil mengurangi emisi limbah kertas hingga 13,9 persen dari tahun sebelumnya. Dalam menjaga prinsip kepatuhan atau governance, BPJS Ketenagakerjaan menerapkan Governance, Risk, Compliance, and Control (GRCC) melalui strategi perlindungan empat lapis (four lines of defense) dalam pengelolaan risiko institusi.

“Hal ini menunjukkan komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam menjalankan tugasnya dengan penuh integritas,” tegasnya.

Eneng Siti Hasanah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi, menegaskan bahwa insan BPJS Ketenagakerjaan senantiasa menjunjung nilai-nilai integritas sesuai dengan budaya organisasi. “Dengan komitmen ini, BPJS Ketenagakerjaan terus melayani pesertanya dengan layanan yang berkualitas dan ekselen,” imbuhnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.