7 Hari Lagi Gebyar Budaya Kirab Pusaka Desa Olean Akan Diselenggarakan

by -535 Views
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Genap 7 hari lagi pada tanggal, (25/11/2023), agenda tahunan budaya kirab pusaka Desa Olean akan diselenggarakan dengan tema, ‘Olean Tempo Dulu‘.

Dalam agenda tahunan ini, akan ada ribuan masyarakat Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo, yang terbagi dari 6 Dusun, 7 RW dan 26 RT, ikut serta berpartisipasi mengikuti acara kirab budaya, tentu acara ini tidak lepas dari adanya adat istiadat budaya Desa Olean.

iklan aston

Kendati demikian Ansori kepala Desa Olean mengatakan, jika agenda tahunan ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Pawai Budaya ini akan dilaksanakan pada tanggal (25/11) sekitar pukul. 12.00. WIB. Dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih dua kilo meter dan akan diikuti oleh ribuan warga Desa Olean,” ujarnya. Sabtu, (18/11/2023).

Lebih lanjut Ansori mengatakan jika agenda tahunan ini mengenang sejarah budaya para leluhur kita yang mewariskan pusaka berupa tombak trisula dan pusaka lainnya, dan beberapa kesenian yaitu, tari tarian, dan lainnya, yang berciri khas budaya Olean, hal ini tentu berharap bisa mendatangkan para pengunjung baik dari daerah maupun luar daerah karena Desa Olean mempunyai beragam adat istiadat budaya seperti wisata KK26.

“Desa Olean memiliki beraneka ragam budaya seperti, tari khas Ondhur Dheteng, Rangong Dema, juga pencak silat yaitu, Keked Djrami dan lainnya, insaallah nanti pada acara semua akan tampil,” tutupnya. //////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.