Polsek Durenan Polres Trenggalek Terapka Inovasi Pemadam Kebakaran Mini untuk Atasi Karhutla

by -509 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Trenggalek, seblang.com – Polsek Durenan Polres Trenggalek meluncurkan inovasi alat pemadam kebakaran mini guna menanggulangi Karhutla pada ketinggian yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran tradisional. Karhutla sering mewabah di Kabupaten Trenggalek, terutama di lokasi dengan akses jalan terbatas.

AKBP Gathut Bowo Supriyono, Kapolres Trenggalek, menyatakan bahwa pemadam kebakaran mini ini telah terbukti efektif dalam memadamkan api pada musim kemarau. Alat ini menggunakan sepeda motor Bhabinkamtibmas dan alat semprot padi yang dimodifikasi menjadi pemadam kebakaran.

iklan aston

Namun, dalam praktiknya, seringkali terjadi kehabisan air. Untuk mengatasi hal ini, Polsek Durenan menggunakan kendaraan patroli sebagai water supply dengan kapasitas 1.000 liter.

“Ada tiga perangkat yang dibawa, alat semprot manual oleh anggota, alat penyemprot menggunakan sepeda motor, dan water supply dari kendaraan patroli,” ungkap AKBP Gathut.

Alat pemadam kebakaran yang dibawa anggota dilengkapi dengan dua jeriken di sisi kanan dan kiri serta jet pump yang dapat menyemprot dengan jangkauan lebih luas. Apabila air habis, petugas dapat mengisi kembali melalui kendaraan water supply yang sudah disiapkan di lokasi terdekat.

“Harapannya, inovasi ini dapat diadopsi oleh Polsek lainnya untuk penanganan cepat dan efisien terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing,” tambah AKBP Gathut Bowo Supriyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.