Upacara Bendera Hari Pahlawan ke-78 di Kota Blitar: Bersatu Melawan Tantangan Modern

by -410 Views
iklan aston

Kota Blitar, seblang.com – Mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Mengurangi Kemiskinan dan Kebodohan,” Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ke-78 di halaman Kantor Walikota Blitar, Jumat (10/11/2023) pagi.

Upacara dimulai tepat pukul 07:00 WIB berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), jajaran Forkopimda, dan OPD di lingkup Pemkot Blitar. Juga diikuti dari TNI-Polri, Ketua DPRD Kota Blitar beserta anggota, serta para pelajar, mahasiswa, dan tamu undangan.

iklan aston

Walikota Blitar, Santoso, sebagai Inspektur Upacara, membacakan sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. Beberapa cuplikan sambutan dari Mensos RI, diantaranya; Hari Pahlawan adalah hari yang penuh makna bagi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara, dengan mengangkat tema seperti yang disebutkan di atas.

Tema tersebut diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata, mengingat negara Indonesia adalah negara yang besar dan dikaruniai sumber daya alam yang luar biasa.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus, untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan, berbekal semangat yang sama seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

Memang tidak mudah, tapi pasti para pahlawan bangsa telah mengajarkan kepada kita nilai-nilai perjuangan, nilai yang jika kita ikuti niscaya akan membawa jejak kemenangan.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan diri sendiri.

Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

“Selamat Hari Pahlawan, marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.”

Selain itu, Walikota Santoso juga mengatakan, bertepatan dengan Hari Pahlawan juga akan dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama penyelenggaran Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Blitar, antara Pemkot Blitar dan 13 Instansi vertikal dan BUMN. Kesepakatan dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong percepatan penyelenggaraan MPP melalui koordinasi, kolaborasi yang lebih sinergis antara instansi penyedia layanan.

Nantinya di dalam Mall Pelayanan Publik Kota Blitar tidak hanya 13 instansi vertikal dan BUMN yang menjadi penyedia layanan, tetapi terdapat 23 instansi yang terdiri dari perangkat daerah di lingkungan Pemkot Blitar, kementerian atau lembaga dan badan pelayanan publik, BUMN, BUMD dengan total lebih dari 77 jenis layanan.

“Perlu kami beritahukan bahwa Mall Pelayanan Publik dirancang sebagai bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan publik, dengan cara menggabungkan berbagai jenis pelayanan pada satu tempat, penyederhanaan prosedur serta integrasi pelayanan pada MPP,” ungkapnya.

Tak hanya itu, juga penandatanganan oleh Walikota Blitar, naskah perjanjian hibah daerah Pemkot Blitar dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar, tentang pelaksanaan dana hibah penyelenggaraan pemilihan Walikota Blitar dan Wakil Walikota Blitar tahun 2024.

“Semoga dengan adanya penandatanganan ini dapat memperlancar terwujudnya pemilihan aman, damai, Luber (Langsung, Umum, Bebas, dan rahasia), Jurdil (Jujur dan Adil) dan demokratis,” tambahnya. (Adv/Kmf/Dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.