Suwandy Firdaus Komisi E DPRD Jatim Ikut Bangga Gelar Pahlawan Nasional KH Abdul Chalim

by -366 Views
Girl in a jacket

Mojokerto, seblang.com – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2023 ini menjadi sangat istimewa. Sebab, pemerintah Indonesia telah menetapkan 6 penerima gelar Pahlawan Nasional.

Salah satunya yakni KH. Abdul Chalim yang merupakan ulama besar sekaligus pahlawan perjuangan asal Jawa Barat. KH Abdul Chalim adalah pahlawan nasional yang lahir di Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat.

iklan aston

KH Abdul Chalim merupakan ayah kandung dari Prof Dr KH Asep Syaifudin Chalim atau Kiai Asep pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Sedangkan, Kiai Asep abahnya H Muhammad Al Barra atau Gus Barra sebagai wakil bupati Mojokerto.

Penganugrahan gelar pahlawan nasional KH Abdul Chalim, disambut luar biasa oleh para tokoh agama, cendikiawan, akademisi, para anggota dewan serta berbagai elemen masyarakat lainnya. Salah satunya datang dari H Suwandy Firdaus SE anggota DPRD Jawa Timur.

“Saya ikut senang, pada peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2023 ini, abahnya Romo Kiai Asep yaitu almarhum KH Abdul Chalim dinobatkan menjadi pahlawan nasional. Penganugerahan gelar pahlawan nasional ini menjadi pengakuan atas dedikasi dan jasa besar KH Abdul Chalim dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia,” jelas Suwandy Firdaus yang juga caleg DPRD Jatim dari Partai Nasdem.

Dalam penjelasannya, KH Abdul Chalim merupakan seorang sahabat dari KH Wahab Chasbullah, yang sama sama berjuang untuk kemerdekaan RI. KH Abdul Chalim menjadi komunikator kunci antara para alim ulama seluruh Jawa. Kemudian menulis surat undangan kepada seluruh ulama pesantren di Jawa dan Madura untuk hadir pada pertemuan yang diselenggarakan Komite Hijaz pada 31 Januari 1926. Isi surat yang menekankan pada tujuan kemerdekaan Indonesia. Sekarang, namanya diabadikan menjadi nama perguruan tinggi di Mojokerto, yaitu Universitas KH. Abdul Chalim.
“Dari awal, saya sangat mendukung penuh KH Abdul Chalim menjadi pahlawan nasional. Alhamdulillah, Pemerintah Indonesia secara resmi menganugerahkan KH Abdul Chalim sebagai Pahlawan Nasional,” terangnya. (Rahmat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.