Pesawat Ketiga Berisikan Bantuan Kemanusiaan Bagi Warga Palestina Diberangkatkan

by -148 Views
Girl in a jacket

Jakarta, seblang.com – Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Palestina yang tengah mengalami berbagai tantangan. Hari ini, satu pesawat charter Lion Air tipe A 330 telah diberangkatkan untuk membawa bantuan yang sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Palestina.

Bantuan ini merupakan bagian dari upaya bersama antara Polri (Kepolisian Republik Indonesia) dan Kementerian Kesehatan Indonesia. Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, menuju Bandara El Aris di Palestina.

iklan aston

Kadivhumas Polri, Irjen. Pol. Sandi Nugroho, menjelaskan bahwa pesawat ini adalah pesawat ketiga yang diberangkatkan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan. Sebelumnya, dua pesawat Hercules telah dilepas oleh Presiden Jokowi pada tanggal 4 November 2023. “Hari ini diberangkatkan kembali satu pesawat Airbus A 330 yang akan menuju ke Mesir untuk mengangkut bantuan-bantuan yang diperlukan oleh saudara-saudara kita di Palestina,” ungkap Kadivhumas.

Kadiv Hubinter Polri, Irjen. Pol. Krishna Murti, menambahkan bahwa dalam pesawat ini terdapat sembilan perwakilan anggota Polri, perwakilan media, dan Kementerian Luar Negeri yang bertugas untuk mengantarkan bantuan tersebut. Pesawat ini akan tiba bersamaan dengan pesawat Hercules lainnya yang sudah lebih dahulu berangkat. Koordinasi waktu keberangkatan ini dilakukan agar bantuan dapat tiba di Bandara El Aris pada pagi hari waktu setempat.

Perlu dicatat bahwa pesawat Hercules memerlukan waktu dua hari dan melibatkan lima kali transit untuk mencapai tujuan, sementara Airbus A 330 hanya membutuhkan 11 jam. Setibanya di Bandara El Aris, bantuan akan segera diurus dalam proses bongkar muat.

Bantuan tersebut terdiri dari 51,5 ton barang dari pemerintah Indonesia, di mana 26,5 ton terdapat dalam pesawat Airbus ini. Bantuan tersebut mencakup alat-alat kesehatan, 100 tenda peleton, 1.000 selimut, dan jaket musim dingin. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menyumbang 7 ton bantuan, dan akan ada pengiriman bantuan lanjutan.

Bantuan ini meliputi air bersih, penyuling air bersih, obat-obatan dasar, obat darurat, makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, serta kit kebersihan untuk ibu hamil dan anak-anak.

“Semua ini adalah bagian dari upaya besar Indonesia untuk mendukung masyarakat Palestina dalam menghadapi situasi yang sulit,” ujarnya.

Bantuan ini akan dikoordinasikan untuk distribusinya oleh Bulan Sabit Mesir, sehingga dapat mencapai mereka yang membutuhkan bantuan kemanusiaan dengan segera. Upaya ini menunjukkan solidaritas Indonesia dan komitmen untuk mendukung perdamaian dan kemanusiaan di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.