Hujan Deras Akibatkan Salah Satu Atap Rumah Warga Ambruk di Kalibaru Banyuwangi

by -429 Views
Wartawan: Febri Wiantono
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Salah satu atap rumah warga ambruk akibat diterjang hujan deras di Dusun Barurejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi pada Jumat (03/11/2023).

Beberapa bulan terakhir di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi mengalami kemarau panjang, namun pada Jumat (03/11/2023) di beberapa wilayah setempat dilanda hujan deras salah satunya di kecamatan Kalibaru.

iklan aston

Kepala Desa Kalibaru Manis, Bayu mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pagi.
Rumah yang atapnya ambruk dihuni oleh Ibu Mai (61) dan cucunya.

“Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka saat insiden tersebut. Dua orang penghuni rumah berhasil selamat,” ungkapnya, kepada seblang.com, Jumat (03/11/2023).

Menurutnya, insiden itu kemudian dilaporkan ke perangkat desa dan tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) setempat. Selanjutnya petugas melakukan asesmen di lokasi kejadian.

“Dari hasil identifikasi, atap rumah ambruk dikarenakan kayu penyangga atap sudah lapuk termakan usia,” jelasnya.

Sedangkan, saat hujan turun tidak bisa menahan beban berat dan ambruk sehingga menyebabkan pemilik rumah mengalami kerugian materil ditaksir mencapai Rp. 5 juta.

Pasca kejadian, petugas BPBD bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan puing-puing sisa runtuhan dan membantu melakukan perbaikan.

Selain itu, pihaknya juga mengajukan bantuan material kepada BPBD Banyuwangi untuk kebutuhan perbaikan rumah warga yang ambruk.

“Tentunya, kami dari pihak Desa Kalibaru Manis tetap membantu untuk perbaikannya,” tandasnya.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.