Pengkab IPSI Banyuwangi Gelar Penataran Pelatih 

by -775 Views
Hidayaturrachman Sekretaris Pengkab IPSI Banyuwangi (nomor dua dari kanan)
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pengurus kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banyuwangi menggelar program penataran pelatih di Padepokan Pencak Silat PSHT di Cluring Banyuwangi selama 3 (tiga) hari mulai Jumat – Minggu ( 3 – 5 November 2023).

Menurut Ketua Pengkab IPSI Banyuwangi melalui Sekretaris, Hidayaturrachman yang akrab disapa Dayat, agenda yang digelar merupakan pelaksanaan program kerja IPSI tahun 2023 sekaligus sebagai ajang untuk mencetak pelatih silat Banyuwangi yang memenuhi standar dan melakukan sosialisasi peraturan pertandingan baru IPSI.

iklan aston

“Harapan kami setelah mengikuti penataran para pelatih yang ada di perguruan silat nantinya mampu menerapkan ilmu yang mereka peroleh (mengaplikasikan) dalam melatih di perguruan masing-masing sehingga sesuai dengan standar yang diharapkan oleh IPSI Banyuwangi,” jelas Dayat pada Kamis (02/11/2023)

Dia menuturkan program penataran pelatih silat tahun 2023 diikuti oleh 85 peserta yang merupakan perwakilan dari perguruan silat yang tumbuh dan berkembang di wilayah Banyuwangi.

Adapun pendaftaran dilakukan calon peserta secara online dengan persyaratan antara lain; ada surat mandat dari perguruan silat, berusia paling muda 20 tahun dan paling tua 50 tahun, berijazah minimal SMA serta beberapa persyaratan administrasi yang lain.

Para peserta penataran akan mendapatkan materi pelatihan dari lembaga pelatih IPSI Banyuwangi yang memiliki lisensi nasional maupun pelatih yang sudah memegang lisensi tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Para penatar yang akan memberikan materi adalah; Siswanto (Pemegang Lisensi Pelatih Nasional). Kemudian ada pelatih silat yang memiliki lisensi tingkat Jatim, seperti; Bambang Wahyuono, Dita Analia Rimadhani, Imam Mustofa, Budi Prayitno dan Sheila Caesar FH.

“Dalam pelaksanaan penataran pelatih silat tahun ini metode yang digunakan para penatar akan lebih banyak memberikan praktek dibandingkan dengan teori,” tambah Dayat.

Adapun agenda IPSI Banyuwangi setelah mengadakan penataran pelatih adalah menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) antar pelajar Tahun 2023 untuk Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Seklah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA).

“Sama dengan tahun sebelumnya pengurus IPSI Banyuwangi mengagendakan Kejurkab Pencak Silat antar pelajar pada bulan Desember.2023. Kami membatasi jumlah peserta dimana satu sekolah maksimal mendaftarkan 2 pesilat dalam satu kelas yang sama,” pungkas Dayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.