Polresta Banyuwangi All Out Amankan  Pilkades Serentak 51 Desa

by -341 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Polresta Banyuwangi bersama unsur TNI, Pemerintah Kabupaten, dan mitra Kamtibmas lainnya siap menjaga kondusifitas Kamtibmas dengan melaksanakan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Banyuwangi. Pengamanan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 23 hingga 26 Oktober 2023.

Total anggota yang dikerahkan untuk pengamanan Pilkades mencapai 3.576 personel, yang terdiri dari Polresta Banyuwangi dengan 850 personel, TNI dengan 586 personel (400 dari Kodim 0825 dan 186 dari Lanal Banyuwangi), Satpol PP dengan 300 personel, Linmas dengan 1.500 personel, serta BKO dari Satbrimob sebanyak 2 SSk (200 personel). Selain itu, Polres Situbondo, Lumajang, Bondowoso, dan Polres Jember juga turut mendukung dengan personelnya masing-masing.

iklan aston

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 di Banyuwangi akan melibatkan 51 desa di 23 kecamatan. Menariknya, pelaksanaan Pilkades tahun ini bertepatan dengan tahapan Pemilu tahun 2024, yang dimulai pada bulan Oktober 2023.

“Oleh karena itu, kami Polresta Banyuwangi dan instansi terkait telah mempersiapkan strategi pengamanan yang matang. Adapun 51 desa di 23 kecamatan tersebut terdapat 702 TPS dengan jumlah total DPT yaitu 309.493,” ujar Kapolresta, Selasa (24/10/2023).

Selain upaya pengamanan, pihak kepolisian juga telah melakukan langkah-langkah preemtif dan preventif, seperti berkomunikasi dengan panitia Pilkades, memonitor perkembangan situasi, dan mendorong kesepakatan damai di antara calon kepala desa (Cakades). Mereka juga melakukan pengawasan terhadap pelanggaran dan perbuatan pidana, serta menjaga netralitas selama masa tenang.

Selama pemungutan suara, kepolisian melakukan deteksi dini terhadap ancaman dan gangguan, memantau TPS, serta menjaga kotak suara dan administrasi. Dan saat pelantikan dan pengambilan sumpah janji Kades terpilih, mereka akan melakukan sterilisasi, pengaturan penjagaan, dan patroli di lokasi terkait.

“Dengan kerjasama yang erat antara Polresta Banyuwangi, TNI, pemerintah, dan semua pihak terkait, diharapkan pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2023 di Kabupaten Banyuwangi dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif,” pungkasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.