AMSI Jatim Ingatkan Publik Soal Potensi Penyalahgunaan Survei Politik untuk Kampanye

by -1303 Views
iklan aston

Surabaya, seblang.com – Maraknya survei politik terkait Pilpres 2024, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menginterpretasikan hasil survei tersebut.

Ketua AMSI Jatim, Dr. Arief Rahman, menyatakan kekhawatiran terhadap akurasi survei yang seringkali tidak mencerminkan realitas pendapat publik. Ia memberi contoh bahwa survei sering menunjukkan elektabilitas kandidat yang tinggi di wilayah Jatim, meskipun kandidat tersebut jarang hadir di sana.

iklan aston

“Saya duga ada potensi strategi kampanye yang memanfaatkan hasil survei tersebut untuk meraih simpati dan suara publik. Selain itu, beberapa hasil survei dianggap sangat ekstrim dalam perolehan elektabilitas calon-calon politik,” ujarnya.

AMSI Jatim percaya masih ada suara masyarakat yang belum terekspresikan dalam survei, dan karenanya, mendorong masyarakat untuk lebih berhati-hati dan cermat dalam menentukan pilihan politik mereka menjelang Pemilu 2024.

“Jangan sampai publik tersesat dengan mengacu pada hasil survei yang belum jelas tersebut. Tentunya, masih banyak suara masyarakat yang hingga kini belum terungkap, dan itulah yang akan sangat menentukan arah politik,” ungkap Koordinator Wilayah AMSI Jatim, Jateng dan DIY ini.

Arief Rahman mengingatkan bahwa keputusan politik tidak boleh semata-mata bergantung pada hasil survei yang belum tentu akurat. Ia mengajak masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi akal sehat dan tidak terjebak dalam dukung-mendukung calon hanya berdasarkan survei.

“Kita jaga bersama Jawa Timur agar jauh dari gesekan dan konflik sosial. Jangan sampai hanya berpedoman dari hasil survei yang masih belum menggambarkan kenyataan,” pungkasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.