UKW Gratis yang Digelar Dewan Pers Diikuti 54 Wartawan di Jawa Timur

by -1175 Views
Wartawan: Puguh Setiawan
Editor: Herry W. Sulaksono
Peserta UKW saat poto bersama penguji Lahyanto Nadie (baju batik) /foto Puguh Setiawan
iklan aston

Madiun, seblang.com –  Dewan Pers berkerjasama dengan Lembaga Pers Dr Soetomo dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Jawa Timur menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Green Surya Kediri  selama tiga hari berturut-turut, 12-14 Oktober 2023 kemarin.

Sebanyak 54 Wartawan yang terdiri dari media cetak, online, dan jurnalis televisi mengikuti Uji Kompetensi. Adapun jenjang yang di ujikan dalam UKW tersebut antara lain Muda, Madya dan Utama.

iklan aston

Dalam sesi pertama sebelum sesi UKW digelar, sejumlah wartawan mengikuti pelatihan dengan materi seputar Jurnalistik seperti Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan kaidah-kaidah yang ada didalamnya yang materi diberikan langsung oleh katua Dewa Pers Ninik Rahayu. Dalam kesempatan itu, dia berpesan kepada seluruh wartawan untuk terus menjaga profesionalisme. Salah satunya melalui UKW ini.

Di hari kedua merupakan hari untuk melaksanakan ujian, para peserta mendapat materi ujian sesuai kelas atau tingkatan masing-masing. Wartawan muda, misalnya mereka diuji kompetensinya, mulai dari usul bahan peliputan, teknik wawancara, penulisan berita, hingga jejaring sosial. Selain itu, juga seputar pengetahuan tentang kode etik jurnalistik serta pedoman pemberitaan ramah anak.

Kandari, pihaknya berterima kasih berkesempatan mengikuti UKW. Dengan UKW, pihaknya mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan baru. Mulai seputar pemberitaan hingga pentingnya menjunjung tinggi kode etik.

‘’Kita diingatkan akan banyak hal dalam menjalani profesi sebagai wartawan,’’ ujarnya.

Salah seorang wartawan dari media ini mengaku, jika ia sudah siap dalam mengikuti ujian yang digelar Dewan Pers tersebut.

“Insyallah saya sudah siap, sebelum ujian malamnya saya selalu berkoordinasi dan tukar pemikiran bersama rekan-rekan yang mengikuti ujian. Selain hal itu, saya jg berpegang pada buku Saku Wartawan untuk memperlajari semua materi yang akan di ujikan,” terangnya singkat melalui sambungan telefon.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat menutup kegiatan berharap seluruh peserta dapat lulus dan memperoleh ilmu yang bermanfaat dari kegiatan yang berlangsung.

“Semoga para peserta pelatihan dan UKW semua bisa lulus dan mendapat manfaat dari kegiatan ini” urainya saat menutup kegiatan. //////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.