Ribuan Orang Ramaikan Tour of Kemala 2023 Banyuwangi, Bupati Ipuk: Berkah Ekonomi bagi Warga

by -306 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kabupaten Banyuwangi sekali lagi menjadi tuan rumah event olahraga nasional yang menggabungkan olahraga dan pariwisata (sport tourism) dengan berlangsungnya balap sepeda Tour of Kemala 2023.

Event yang digelar di Pantai Boom Banyuwangi pada 7-8 Oktober 2023 terlaksana berkat kerja sama antara Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI).

iklan aston

Tour of Kemala 2023 dibuka resmi oleh Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wakil Ketua Umum Bhayangkari Evi Agus Andrianto, Ketua Pengurus Yayasan Bhayangkari Diana Ahmad Dofiri, dan Sekjen PB ISSI Parama Nugroho.

Lebih dari 1.400 peserta baik dari dalam maupun luar negeri, termasuk atlet nasional dan internasional, berpartisipasi dalam event ini, tanpa memperhitungkan kru dan pendamping. Totalnya, ada 4.000 orang dari luar Banyuwangi yang menyemarakkan kabupaten di ujung timur Jawa ini dalam beberapa hari terakhir.

Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo memberikan apresiasi untuk penyelenggaraan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi, sebuah destinasi wisata terkemuka di Indonesia. Dia berharap event ini dapat mempromosikan pariwisata dan olahraga sepeda di Indonesia.

“Tour of Kemala 2023 merupakan wujud kepedulian terhadap pengembangan olahraga sepeda di Indonesia. Kami berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang telah mendukung acara ini dan menyediakan lokasi yang indah dan menantang bagi peserta,” ujar Juliati.

“Selamat kepada para peserta yang bersemangat mengikuti Tour of Kemala 2023. Semoga acara ini berjalan lancar, aman, dan sukses,” tambahnya.

Dia menambahkan bahwa Tour of Kemala diharapkan menjadi acara tahunan di berbagai wilayah Indonesia dengan dukungan PB ISSI, dengan tujuan untuk meningkatkan cinta pada olahraga sepeda dan mencari bakat-bakat unggul dalam olahraga sepeda di tingkat nasional melalui kategori balapan.

Sementara itu, bagi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, event ini menjadi berkah karena ribuan orang memadati Banyuwangi.

“Dengan event ini, ribuan orang memadati Banyuwangi. Penginapan penuh, tidak hanya di hotel, tetapi juga homestay yang dimiliki oleh warga, semuanya full booked. Demikian juga dengan restoran, kuliner, dan warung masyarakat,” ucap Ipuk.

“Terima kasih telah memilih Banyuwangi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Tour of Kemala. Selamat datang di Banyuwangi, dan selamat bertanding untuk menjadi yang terbaik. Setelah bertanding, silakan nikmati berbagai destinasi dan kuliner yang ada di Banyuwangi,” tambahnya.

Pada hari pertama, digelar nomor Bicycle Race sejauh 128 kilometer untuk partisipan tingkat nasional dan internasional. Sebanyak 417 peserta ikut serta dalam nomor ini, termasuk 13 peserta dari lima negara, yaitu China, Thailand, Prancis, Malaysia, dan Filipina.

Start dimulai dari Pantai Boom Marina, kemudian peserta mengayuh sepedanya melewati jalanan menurun dan beberapa tanjakan, dengan rute yang sangat menantang.

Tour of Kemala 2023 terdiri dari dua kategori, yaitu kategori balapan dengan jarak 128 kilometer dan kategori fun bike dengan jarak 55 kilometer. Peserta akan melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Blimbingsari. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.