Bupati Banyuwangi Ingatkan Masyarakat Hemat Air dan Jaga Kebersihan Lingkungan 

by -241 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Masyarakat diharapkan untuk bisa menghemat air dan selalu menjaga kebersihan lingkungan dalam musim kemarau panjang dan dampak pemanasan suhu permukaan laut atau El nino yang terjadi sampai saat ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kepada sejumlah wartawan.

iklan aston

Menurut Bupati Ipuk pada musim kemarau ini para petani merubah pola tanam dari padi ke polowijo sebagai salah satu upaya menjaga ketahanan pangan dan menjaga inflasi. Fenomena El nino pasti berdampak kepada hasil produk pertanian dan inflasi.

“Kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk waspada di masa El nino ini. Ayo hemat air dan jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sampah menjadi PR kita bersama karena sekarang mash kemarau tetapi nanti ketika hujan masyarakat tidak peduli sampah akan ada bencana lain,” jelas Bupati Ipuk.

Selanjutnya dia berharap musim kemarau tidak berlangsung lama karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMGK) memperkirakan musim hujan akan mulai bulan Oktober ini.

Sedangkan untuk beras maupun stok pangan lain di wilayah Banyuwangi sampai saat ini kondisinya masih aman. Bahkan inflasi untuk bulan ini Banyuwangi terendah di angka 3,0. Menjadi terendah se Jawa Timur,”ini semua bukan karena kita tidak mengontrolnya, akan tetapi tetap kita kontrol meski inflasi rendah tetap baik kondisinya. Selain itu inflamasi tidak bisa terlalu rendah dan terlalu tinggi,” tambah Bupati Ipuk.

Sedangkan untuk mengendalikan harga beras yang mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah Banyuwangi melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskopumdag), Banyuwangi bekerjasama dengan Bulog tetap menggelar asar murah tetap ada di daerah-daerah yang membutuhkan, contohnya di kecamatan Wongsorejo dan kecamatan Purwoharjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.