KPU Kabupaten Banyuwangi Tunggu Penyerahan Pencermatan Rancangan DCT Sampai 23.59

by -675 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Sebagian pengurus Parpol dan LO yang menyerahkan berkas hasil pencermatan rancangan DCT di KPU kabupaten Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi berharap agar proses tahapan pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) oleh partai politik bisa tuntas sebelum batas akhir waktu penyerahan pada Selasa 3 Oktober 2003 pukul 23.59 WIB.

Menurut Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Banyuwangi, Ari Mustofa, pada hari terakhir jadwal pencermatan rancangan DCT mulai pagi sebagian Liaison Officer (LO) atau naradamping parpol sudah menyerahkan hasil pencermatan kepada petugas .

iklan aston

“Hari ini merupakan batasan terakhir dan setelah ini tidak ada lagi perbaikan sehingga nanti kami tetapkan pada 3 November 2023 mendatang. Kemudian pada 4 November 2023 kami akan mengumumkan DCT itu,” jelas Ari.

Ari menuturkan ada waktu sekitar satu bulan, karena setelah tahapan ini KPU Banyuwangi akan melakukan verifikasi dan validasi data terhadap perubahan-perubahan yang dilakukan parpol.

Apabila parpol tidak melakukan perubahan hasil pencermatan DCT, menurut Ari, KPU Banyuwangi menganggap Daftar Calon Sementara (DCS) yang diserahkan apabila nantinya terdapat bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang didaftarkan partai lain dan secara administrasi terpenuhi pengunduran dirinya maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) di partai lama dan dinilai Memenuhi Syarat (MS) di partai yang baru.

Ari Mustofa menambahkan dari beberapa parpol yang sudah menyerahkan hasil pencermatan rancangan DCT ada beberapa Bacaleg yang mengundurkan diri dan pindah ke partai lain dengan berbagai macam alasan.

Dari pengamatan langsung di kantor KPU kabupaten Banyuwangi sampai dengan Selasa sore tercatat sekitar 9 (Sembilan) LO dan pengurus parpol yang sudah menyerahkan hasil pencermatan.

Sedangkan sebagian parpol lain sudah datang ke kantor KPU untuk melakukan konsultasi dan yang lain konfimasi untuk menyampaikan rencana penyerahan hasil pencermatan rancangan DCT pada malam hari, imbuh Ari./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.