PT Freeport Serahkan Totem Kamoro Kepada Kementerian PUPR untuk Taman Totem Dunia

by -472 Views
Girl in a jacket

Timika, seblang.com – PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan dua Totem Kamoro kepada Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk taman Totem dunia di kawasan Waterfront City Pangururan yang berada di Kecamatan Pangururan, Samosir, Sumatera Utara.

Totem Kamoro adalah adalah karya seni ukir masyarakat suku Kamoro, suku yang mendiami wilayah pesisir selatan Kabupaten Mimika. Direktur dan EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma dalam keterangan tertulis menyampaikan bahwa penyediaan Totem dari Suku Kamoro oleh PTFI merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk ikut melestarikan karya seni dan budaya salah satu masyarakat adat Papua yang tinggal di sekitar perusahaan.

iklan aston

“Kami mendukung penuh pembangunan Taman Totem Dunia dan program Penataan Kawasan Waterfront City Pangururan yang kami yakini dapat menjadi sarana pelestarian seni dan budaya Indonesia,” katanya.

Ia juga menyampaikannya, dengan Totem yang disediakan oleh PTFI itu guna membuka akses bagi para pengunjung untuk melihat dan merasakan keindahan seni dan budaya Papua.

“Agar masyarakat dapat menikmati keindahan seni Papua dari jauh tempatnya berasal,” ujar Claus.

Sementara itu, Luluk Intarti pendiri Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe, menyampaikan dua Totem yang diserahkan yaitu Mbitoro dan Wemawe masing-masing memiliki ketinggian delapan meter dengan diameter satu meter.

“Dua Totem ini merupakan Totem Kamoro yang tertinggi dan terbesar yang pernah dibuat,” ungkapnya.

Ia berharap bahwa karya seni ukir Kamoro ini bisa dikenal masyarakat lebih luas, baik dalam negeri maupun mancanegara yang nantinya akan berkunjung ke Danau Toba.

“Di sisi lain juga menjadi satu kebanggaan bagi para pengukir dimana karya mereka dapat dinikmati oleh orang banyak. Budaya ukir Kamoro ini dapat terus bertahan ketika generasi muda mengetahui bahwa apa yang telah dilakukan pendahulunya menjadi satu kebanggaan tersendiri yang menjadi icon nasional nantinya,” ujar Luluk.

Kedua Totem Kamoro dari Mimika, Papua Tengah tersebut bersama Totem Batak dari Sumatra Utara,dan Totem Kalimantan rencananya akan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada November 2023 mendatang. Acara tersebut akan diperkaya dengan ritual adat dari suku Batak, Dayak, dan Kamoro pada sehari sebelum upacara peresmian patung-patung yang menggambarkan kekayaan budaya dan semangat persatuan dalam keberagaman Indonesia.

Andi Wimbo Sasono/Humas PTFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.