Pemkot Blitar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

by -343 Views
iklan aston

Kota Blitar, seblang.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar upacara bertempat di halaman kantor Walikota Blitar atau tepatnya Jl. Merdeka No.105, Kota Blitar, pada Minggu (01/10/2023) pagi.

Dengan mengambil tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”, upacara dipimpin Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono S.Sos.,M.Si., dan diikuti jajaran Forkopimda Kota Blitar, Kepala OPD, dan seluruh ASN di lingkup Pemkot Blitar, juga dari TNI serta Polri dan perwakilan sekolah dari Kota Blitar, tak lupa juga dari perwakilan DPRD Kota Blitar turut serta hadir.

iklan aston

Usai upacara, saat ditemui para awak media Sekda mengatakan, Pancasila adalah sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa, jadi sebagai warga negara indonesia wajib untuk memperingati setiap tahunnya dalam bentuk apapun.

“Dimana Kesaktian Pancasila diuji berkali-kali akan tetapi tetap kokoh sebagai pemersatu bangsa dan dasar negara, maka di setiap tahun perlu kita adakan peringatan itu dalam bentuk upacara,” ucapnya.

Kesaktian Pancasila atau peristiwa 1 Oktober 1965 itu harus betul-betul tetap dikenang dan dijadikan pelajaran bagi seluruh bangsa Indonesia khususnya generasi yang akan datang. Supaya tetap setia dan waspada dan terus memperjuangkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Nilai-nilai perjuangan dari pahlawan Revolusi yang saat itu memperjuangkan dasar negara Pancasila dari rong-rongan para Komunis atau G30S/PKI, sekarang kita bisa mempelajari dari buku atau media, baik media sosial maupun yang lain, tentang bagaimana peristiwa 30 September dan 1 Oktober 1965 sebagai pelajaran untuk kita semua,” imbuh Sekda.

Terakhir, Sekda berharap khususnya pada seluruh peserta dan undangan yang hadir mengikuti upacara, dan umumnya bagi seluruh rakyat Indonesia untuk tetap berpedoman teguh pada nilai-nilai luhur pancasila.

“Maka diharapkan dengan upacara ini para generasi muda dan kita semua akan ingat pentingnya pancasila untuk memperkokoh bangsa Indonesia, dan nilai yang dikandung pancasila tidak bisa tergantikan oleh yang lain,” pungkasnya. (adv/kmf/dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.