Baznas Provinsi Jawa Timur Serahkan Bantuan Bedah Rumah 

by -758 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Badan Amil Zakat Basional (Baznas) Provinsi Jawa Timur menyerahkan bantuan Bedah Rumah untuk 10 warga Banyuwangi. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di rumah Udiono, salah seorang penerima bantuan di dusun Pancoran kelurahan Banjarsari kecamatan Glagah Banyuwangi pada Sabtu (16/09/2023)

Menurut Wakil Ketua Baznas Jatim, KH Ahsannul Haq, program yang dilaksanakan merupakan kolaborasi dengan Baznas kabupaten Banyuwangi untuk melakukan bantuan bedah rumah 10 rumah dengan alokasi dana dari Baznas Provinsi Rp. 15 juta dan Baznas Banyuwangi Rp. 5 juta.

iklan aston

“Tentu dana Rp. 20 juta masih kurang untuk pelaksanaan bedah rumah, maka kita minta aparatur desa, P Lurah dan P Tinggi dan aparatur kecamatan untuk bisa membantu berpartisipasi dalam menyelesaikan 10 rumah yang akan dibedah di masing-masing daerahnya,” jelas KH Ahsanul Haq.

Selain itu untuk menghindarkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari lilitan bank harian dan praktek rentenir, pihak Baznas Jatim juga menyerahkan bantuan sebesar Rp. 750 ribu/ orang untuk 50 orang.”Bantuan dana yang tidak terlalu besar ini semoga bisa mengangkat usaha mereka menjadi lebih besar lagi. Insya Allah dikemudian hari juga akan diberi tambahan bantuan-bantuan yang lain,” tambah KH Ahsanul Haq.

Dia menambahkan Baznas Provinsi juga memberikan bantuan Program Satu Keluarga Satu Sarjana ( SKSS) bagi 15 mahasiswa yang per semester Rp. 2 juta sampai 8 semester.”Dengan harapan di masing-masing keluarga ada yang menjadi sarjana,” imbuhnya.

Sementara Ketua Baznas Banyuwangi H Lukman Hakim menambahkan bagi pelaku UMKM yang menerima bantuan mereka diharapkan bisa mengangsur Rp. 5 – 10 ribu per hari dengan salah satu syarat tidak terlibat bank harian.

“Apabila setelah selesai oleh tim dinilai baik maka mereka akan mendapatkan bantuan dana yang lebih besar untuk usaha mereka,” jelas H Lukman.

Sedangkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Banyuwangi, H Arief Setiawan mewakili Bupati Banyuwangi mengungkapkan program bedah rumah yang dilakukan Baznas, merupakan bantuan bagi pemkab Banyuwangi dalam menurunkan kemiskinan.“ Terima kasih atas kepedulian dan empati Baznas kepada warga Banyuwangi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.