Program Pavingisasi Digenjot, Dinas PU CKPP Banyuwangi Tingkatkan Kualitas Standar Paving dan Ajak Masyarakat Ikut Merawat

by -605 Views
iklan aston

Banyuwangi, Seblang.com – Pembangunan Infrastruktur Jalan menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2023 ini. Termasuk pavingisasi jalan lingkungan perkotaan maupun pedesaan.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Kabupaten Banyuwangi I Komang Sudira Atmaja, S.Pt, M.Si, mengatakan, pavingisasi merupakan salah satu cara untuk menata suatu lingkungan agar lebih indah dan rapi.

iklan aston
Sekretaris Dinas PU CKPP Banyuwangi I Komang Sudira Atmaja, S.Pt, M.Si

Hal ini juga sebagai upaya Pemkab Banyuwangi memberikan pelayanan kepada masyarakat agar merasa nyaman dalam menjalankan aktivitas di lingkungannya.

“Pavingisasi ini kita kerjakan di kawasan pedesaan maupun perkotaan yang merupakan jalan lingkungan, sehingga masyarakat dapat melakukan pemeliharaan lebih mudah,” kata Komang kepada Seblang.com saat ditemui di kantornya, Kamis (31/8/2023).

Tak hanya itu, pavingisasi juga membuat jalan lebih mudah dilalui kendaraan sehingga diharapkan meningkatkan roda perekonomian, masyarakat pun lebih sejahtera. Jika di pedesaan, petani dapat dengan mudah mengangkut hasil pertaniannya. Begitu juga di sektor pariwisata, akses destinasi wisata lebih mudah dijangkau pelancong.

“Dari data yang kami miliki, hampir semua desa tersentuh oleh kegiatan pavingisasi. Dari anggaran yang tersedia APBD, ini setiap desa pasti mengusulkan pavingisasi guna menata lingkungannya lebih bersih dan indah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Komang mengajak masyarakat untuk turut serta merawat paving agar usia pemakaiannya dapat bertahan lebih lama. Meski, kata Komang, standar mutu paving block dalam program pavingisasi tersebut telah ditingkatkan dari beberapa tahun terakhir K300 menjadi K350.

“Sehingga kekuatan bebannya lebih kuat. Jika dilewati mobil station saja bisa bertahan lebih dari 10 sampai 15 tahun. Namun demikian, kami memohon masyarakat untuk ikut membantu memelihara,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.