KSAD Jenderal TNI Dudung Kunjungi Kampung Pancasila Banyuwangi

by -961 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Kampung Pancasila Banyuwangi yang berada di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Rabu (23/8/2023).

Didampingi sang istri, jajaran pejabat TNI AD dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jenderal Dudung melihat langsung betapa rukunnya warga Desa Patoman meski berbeda agama dan budaya.

iklan aston

Desa yang dihuni sekitar 5 ribu penduduk ini terdiri dari suku Osing, Jawa, Madura dan Bali dengan latar belakang agama beragam pula yang meliputi Islam, Kristen, Budha dan Hindu.

“Ini suatu tempat yang memang saya lihat berbeda-beda agama dan suku tapi sangat rukun,” kata Jenderal bintang empat itu.

Menurutnya, keberagaman dan perbedaan akan menjadi suatu hal yang indah jika dibalut dengan kesatuan dan gotong royong. Ia pun berharap, kerukunan yang ada di Kampung Pancasila Desa Patoman akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Banyuwangi dan Indonesia.

Berada di Kampung Pancasila di Banyuwangi, ia mengenang saat masih menjabat sebagai Pangdam Jaya tahun 2020-2021. Saat itu, Jenderal Dudung mencanangkan penerapan Kampung Pancasila di wilayahnya.

“Ketika menjadi Kasad, saya sosialisasikan ke seluruh jajaran di wilayah harus ada Kampung Pancasila,” ujarnya.

Kerukunan antar warga negara, lanjut Jenderal Dudung, perlu dipupuk karena Bangsa Indonesia dimerdekakan oleh semua golongan dan agama.

“Tidak satu golongan, kelompok, organisasi. Tapi semua berjuang. Makanya ini harus kita pegang teguh,” tegasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.