Pemkot Blitar Gelar Upacara Bendera Memperingati HUT Ke-78 RI Dengan Khidmat

by -416 Views
iklan aston

Kota Blitar, seblang.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada Kamis (17/08/2023), di halaman Kantor Walikota Blitar.

Upacara dimulai pukul 07:20 WIB berlangsung dengan khidmat, dipimpin Walikota Blitar Santoso, sebagai Inspektur upacara. Serta dihadiri Wakil Wali Kota Blitar, Tjutjuk Sunario, diikuti pejabat Forkopimda Kota Blitar, kepala OPD dan seluruh jajaran di lingkup Pemkot Blitar, TNI, Polri, Ormas, serta perwakilan instansi dan pelajar di Kota Blitar.

iklan aston

Walikota Santoso, dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara, mengajak masyarakat untuk kembali bangkit dan terus berkarya dengan meneruskan perjuangan dan pembangunan, serta memanfaatkan momentum kemerdekaan ini untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Hal ini selaras dengan tema HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” katanya.

Santoso mengungkapkan, tanggal 17 Agustus merupakan hari yang sangat istimewa, karena pada tanggal tersebut di tahun 1945 adalah tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Bung Karno pernah berpesan, kemerdekaan tersebut adalah sebagai jembatan emas sebab di seberang jembatan itulah arti dari kemerdekaan sesungguhnya.

“Sebab untuk mencapai kemerdekaan tersebut, bangsa Indonesia butuh ratusan tahun untuk berjuang menjadikan Indonesia merdeka dan berdaulat. Untuk itu, saya mau mengajak masyarakat luas untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan semangat estafet dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

Di usia 78 tahun kemerdekaan RI ini, lanjut Santoso, patut disyukuri, Kota Blitar dalam indeks pembangunan manusia (IPM) sudah mencapai 79.93 persen. Hal ini jauh lebih tinggi dari IPM nasional dan IPM provinsi. Artinya kwalitas sumberdaya manusia di kota Blitar terus berkembang.

“Serta pertumbuhan ekonomi kota Blitar mencapai 5,22 persen. Usia harapan hidup mencapai 74, 26 persen, sedangkan angka kemiskinan menurun menjadi 7, 37 persen,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kota Blitar memperoleh banyak penghargaan, seperti Kota layak anak, kota Adipura, Opini WTP, Kota peduli Ham, Kota berkepatutan Serta masih ada sederet penghargaan yang menunjukkan bahwa kota Blitar dalam level pembangunan yang benar.

“Yang lebih istimewa, kota Blitar memperoleh penghargaan sebagai juara tingkat nasional dalam penanganan dan pemberantasan nyamuk demam berdarah,” jelasnya.

Terakhir, Walikota berpesan dan mengajak masyarakat Kota Blitar dalam mengisi kemerdekaan untuk bekerja dan berkarya yang sebaik baiknya, Berpikiran positif, jangan pernah lelah untuk mengukir prestasi dan memberikan kemaslahatan pada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Perjuangan belum usai, pengabdian belum tuntas, mari kita lanjutkan program-program Blitar keren yang hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (adv/kmf/dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.