Forkopimda Situbondo Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Leluhur dan Pahlawan Nasional

by -333 Views
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo atau Harjakasi ke-205 dan HUT ke-78 Republik Indonesia serta mengenang para leluhur yang telah berjuang dalam merebut kemerdekan dan sukses dalam membangun, Forkopimda Situbondo melaksanakan Ziarah serta Tabur Bunga ke Makam Leluhur dan Pahlawan Nasional, Senin (14/8/2023)

Kegiatan ziarah digelar dibeberapa lokasi diantaranya ke makam Bupati Pertama Situbondo, Pembabad Besuki Kiai Pate Alos dan Makam Pahlawan Nasional K.H.R. As’ad Syamsul Arifin di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, ke makam almarhum Dan Bloro mantan Bupati Situbondo pertama di Desa Bloro Kecamatan Besuki, Kiai Pateh Saleh di Jalan Wijaya Kusuma, ke makam Almarhum Suroso mantan Bupati Situbondo dan ke makam almarhum Dadang Wigiarto mantan Bupati Situbondo.

iklan aston

Rombongan yang mengikuti ziarah di antaranya Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M., Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani, S.Pd, M.H, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H, S.I.K, M.H., Kajari Ginanjar Cahya Permana, S.H.,M.H, Ketua PN Achmad Rasjid, SH.,  mewakili Ketua DPRD Situbondo Hadi Priyanto, S.Pd., Ketua MUI Drs. Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdhor, M.Pd.,   Sekda Wawan Setiawan, S.H.M.H serta Para Asisten dan OPD Jajaran Pemkab Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan ziarah makam leluhur dan pendiri bangsa merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur merupakan sikap moral mulia sebagai manifestasi kelanjutan cita-cita dan perjuangan luhur pendahulu untuk diwariskan kepada anak cucu sebagai Generasi penerus bangsa.

“Dari ziarah makam ini, sedikit banyak kita bisa belajar sekaligus napak tilas perjalanan sejarah Kabupaten Situbondo. Hal ini merupakan kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan,” terangnya

Lebih lanjut, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, di usia yang ke-205 Kabupaten Situbondo, pihaknya berharap Kabupaten Situbondo semakin maju dalam ekonomi dan bisa mensejahterakan masyarakatnya. “Dengan ritual religi ziarah ke makam bupati pertama hingga terakhir, ke Pahlawan Nasional dan ke pembabat Besuki, harapan Kami Kabupaten Situbondo semakin baik dan maju,” pungkasnya. /////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.