Dukung Swasembada Gula Nasional, PT SGN bersama PT Petrokimia dan Perbankan Sukseskan Program Makmur

by -546 Views
iklan aston

Mojokerto, seblang.com – PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), PT Petrokimia Gresik, bersama Perbankan berkolaborasi mensukseskan Program Makmur (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) guna meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani tebu di wilayah Mojokerto.

Proram ini mendukung capaian Swasembada Gula Nasional pada tahun 2028 yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional.

iklan aston

Sinergitas PT Petrokimia, PT SGN berasama stakeholder dan para pemangku kebijakan menjadi salah langkah memuju suksesnya Program Makmut. Salah satunya penen dan tanam bersama Program Makmur Deplot, di Desa Jrambe, Kecamatan Dlanggu, Mojokerto, Rabu (9/08/23).

Dwi Satrio Anurogo, Direktur PT. Petrokimia Gresik mengatakan, untuk mendukung program makmur, pihaknya terus berinovasi menciptakan pupuk untuk meningkatkan produktifitas tebu dan rendemen tebu.

Salah satunya pupuk ZA+ untuk meningkatkan kesuburan lahan dan secara spesifik kusus untuk tebu akan disediakan pupuk Petro Gres.

“Kami dari Petro Kimia Gresik ditugaskan untuk berkolaborasi untuk mendukung swasembada gula. Kami dalam menyediakan kebutuhan pupuk tidak sendiri tapi juga bersama anak perusahaan PT Petrokimia yakni PT Petro Kayaku dan PT Petrosida sebagai penyedia insektisidanya,” kata Dwi Satrio Anurogo dalam acara panen dan tanam bersama Program Makmur, di Desa Jrambe, Kecamatan Dlanggu, Mojokerto.

Dwi menjelaskan, dari data Kemenko Perekonomian, kebutuhan gula konsumsi 3,2 juta ton. Namun produksi yang ada baru bisa mencukupi 80 persen saja. Sedangkan kekuranganya 20 persen gula masih import.

Melalui kolaborasi Program Makmur selama dua tahun ini ada peningkatan produksi tebu dari 120 ton menjadi 160 ton perhektar ditambah rendemen dari 7,35 menjadi 8,5 persen.

Selain pemenuhan kebutuhan pupuk, upaya treatment tanah juga dilakukan. Hasil pengecekan kondisi tanah guna menjaga kesubura serta pemenuhuan pupuk yang sesuai.

“Tanahnya kami cek melalui mobil uji tanah sehingga kadi dapatkan hasil uji untuk menyesyaikan pupuknya,” jelas Dwi.

Mahmudin, Dirut Produksi Pengembangan, PT Perkebunan Nusantara mengatakan program Makmur ini merupakan kerjasama PT Petro Kimia Gresik dan PT Sinergi Gula Nusantara. Luas lahan binaan kedua BUMN tersebut di Mojokerto mencapai 5.628 hektar.

Cakupan lahan binaan PTPN grup di Jawa Timur mencapai 26.229 hektar. Sementara kenaikan produksi tebu di Jatim dipicu oleh karena ketepatan pemakaian pupuk yang lebih terjamin.

“Kalau melihat pertumbuhan lebih baik daripada non program. Hasilnya lebih banyak, termasuk rendemen. Itu karena ketepatan pemakaian pupuk, jelasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.