Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Jatim Menjadi Pilot Proyek Pola dan Sistem Pembinaan Kepaskibrakaan Nasional

by -1117 Views
iklan aston

Surabaya. seblang.com – Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Dr Rina Agristina, membuka secara langsung Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Jawa Timur tahun 2023 di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur (Jatim ) pada Minggu (6/08/ 2023.

Menurut Rina Agustina, Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Provinsi Jatim pada tahun 2023 ini merupakan program pelaksanaan pilot proyek pola dan sistem pembinaan kepaskibrakaan untuk tingkat provinsi se-Indonesia.

iklan aston

Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa Provinsi Jatim terpilih sebagai percontohan pola pendidikan dan pelatihan Paskibraka yang disertai dengan penanaman nilai-nilai kebangsaan oleh BPIP dan Lemhanas RI.

Pemilihan Provinsi Jatim sebagai pilot proyek beralasan mengingat jumlah kabupaten/kota yang ada 38 sama dengan jumlah provinsi di Indonesia.

Dengan masing-masing kabupaten /kota mendelegasikan satu pasang siswa-siswi terbaiknya, maka terbentuklah sebanyak 76 anggota Paskibraka Provinsi Jatim yang akan bertugas pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-78  RI tahun ini.

“Pada program pendidikan dan pelatihan Paskibraka, selain berlatih PBB, para peserta pilihan dari 38 Kab/Kota di Jatim juga akan mendapatkan materi wawasan kebangsaan dari BPIP dan Lemhanas,” jelas Rina.

Selain itu, lanjut dia para calon anggota Paskibraka juga ditempa dalam sebuah sistem yang dinamakan Desa Bahagia, agar mampu menjadi seorang Paskibraka yang tangguh.

Sementara, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Jawa Timur, Sarjono, selaku Pamong Paskibraka Jatim, mengungkapkan sebelum pembukaan program oleh BPIP para peserta telah melaksanakan tradisi Tantingan.

Sebuah acara yang merupakan tradisi yang dilakukan oleh seluruh Calon Paskibraka untuk memasuki Gerbang Desa Bahagia Paskibraka Jawa Timur.

“Alhamdulilah dari 38 pasang Calon Paskibraka Jatim menyatakan kesanggupan dengan tekad yang bulat untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Jawa Timur tahun 2023 ini”, pria yang akrab disapa Kopral Jono itu.

Tokoh muda LDII asal Ngawi itu  menambahkan dalam sistem Pelatihan Desa Bahagia Calon Paskibraka ditempa dengan nilai-nilai Pancasila serta tradisi-tradisi yang bernilai luhur dengan suasana yang membahagiakan.

“Semoga Paskibraka tahun 2023 di seluruh Indonesia, secara khusus di Provinsi Jatim mampu menjalankan tanggung jawab dan tugasnya dengan aman lancar selamat dan sukses sebagai Pandu Ibu Pertiwi ber Pancasila,” pungkas Sarjono./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.