Anggota DPRD Kabupaten Madiun Berhasil Relokasi Kandang Ternak Untuk Menuju Desa Sehat

by -324 Views
Girl in a jacket

Madiun, seblang.com – Rudi Triwahono, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Madiun ini patut diacungi jempol atas keberhasilannya merelokasi kandang-kandang para peternak yang ada di Desa Pajaran, Dusun Bakalan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Bagaimana tidak, Rudi harus merubah mindset SDM masyarakat untuk menuju desa sehat melalui salah satu gagasannya, yakni pemindahan kandang-kandang peternak dalam suatu wilayah yang dimulai dari satu dusun.

iklan aston

Tentunya hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Rudi yang juga Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Madiun ini butuh waktu lebih dari tiga tahun untuk memantapkan para peternak agar mau memindahkan ternak-ternaknya yang sebelumnya satu rumah bersama mereka.

“Ternak merupakan salah satu yang harus menjadi perhatian kita semua. Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan peternak jika hewan-hewan ternak tersebut berada dalam satu atap dengan pemiliknya,” kata Rudi Triwahono kepada seblang.com, Rabu (2/8/2023).

Menurutnya, proses pemindahan kandang-kandang yang berada dalam satu rumah itu merupakan proses yang sangat luar biasa. Banyak kesulitan untuk merubah kemauan para masyarakat untuk bersedia hidup dalam lingkaran kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun kanan bersana Camat Saradan Tengah dan Rudi Triwahono yang memakai baju batik /Puguh Setiawan

“Relokasi ini merupakan salah satu program saya selaku Anggota DPRD Kabupaten Madiun untuk menuju masyarakat sehat. Dan program ini sudah saya rencanakan dari 3 tahun yang lalu. Ini merupakan keberhasilan yang sangat luar biasa, mengingat proses-proses yang kita lakukan tidak hadir dalam susana instan” terang Rudi.

Ia juga menyampaikan, kerja keras tim selama bertahun-tahun itulah yang nantinya bisa membawa sebuah perubahan bagi masyarakat Desa Pajaran pada umumnya.

Saat ini, kata Rudi, sudah ada sekitar 36 kandang ternak yang sudah berhasil ia relokasi dari total kandang kurang lebih 42 kandang ternak di dusun tersebut.

“Ini bukan proses mudah, keberhasilan ini tentunya tidak saya kerjakan sendiri. Tim eksekusi kita sangat berperan dalam keberhasilan ini. Pendekatan emosional kepada masyarakat dusun Bakalan sudah kami laksanakan bersama tim hampir tiga tahun yang lalu. Alhamdulillah 35 an kandang sudah berhasil kita eksekusi, tinggal sedikit kandang lagi yang menjadi PR kita. Mudah-mudahan bulan depan semua sudah beres” Ungkap anggota dewan dari fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Pihaknya berharap keberhasilan ini dapat dicontoh desa-desa lain untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman, baik itu di Kabupaten Madiun sendiri maupun Kabupaten lainnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.